Tito Karnavian Kenang Sosok Taufiq Kiemas, Sahabat Sang Ayah

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Palembang, CNN Indonesia --

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengenang sosok Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2009-2013 Taufiq Kiemas.

Ia mengenang sosok almarhum saat menerima penghargaan Extraordinary Achievement in Reform of Domestic Governance di ajang CNN Indonesia Awards 2024 di Palembang, Sumatra Selatan pada Rabu (10/7).

Mulanya, Tito menyampaikan kekagumannya kepada Chairul Tanjung, sebagai pemilik CT Corp nan menaungi CNN Indonesia. Ia juga menilai aktivitas CNN Indonesia Awards meringankan beban pemerintah untuk memberikan penghargaan kepada para tokoh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pak CT ini, memang saya kagum. nan pertama, aktivitas ini udah pasti bakal meringankan beban pemerintah. Harusnya pemerintah nan ngasih penghargaan, tapi pak CT, CNN nan ngasih penghargaan. Itu apresiasi kita kepada beliau," tutur Tito di Ballroom The Zuri Palembang.

Selain itu, Tito juga mengaku kagum dengan CT lantaran sukses membikin susunan 4B1C pada salah satu meja aktivitas tersebut. Formasi nan dimaksud adalah singkatan nama-nama tokoh nan duduk satu bangku dengan CT dan Tito pada aktivitas tersebut.

"Bapak bisa membikin 4B1C di situ. Satu ada namanya Pak Budi Arie, ada Pak Budi Karya Sumadi, ada Pak Burhanuddin, dan ladies of the night-nya Bu Puan Maharani, ditambah dengan Pak CT tentunya Pak Chairul Tanjung," kata Tito.


Tito lantas menyinggung Pj Gubernur Sumatra Selatan Elen Setiadi nan tidak dia sebut dalam susunan tersebut.

Ia lampau berkelakar meminta Elen agar tidak berprasangka lantaran namanya tidak disebut. Tito menjelaskan argumen nama Elen tidak disebut lantaran bukan orang Palembang.

Menurut Tito, orang Palembang itu mempunyai huruf r dalam namanya. Ia apalagi memberikan penjelasan nama-nama tokoh nan datang pada aktivitas penghargaan itu.

"Orang Palembang itu kudu ada r-nya pak. Pak Budi Arie Setiadi Menkominfo, ada r-nya pak. Menteri Perhubungan Pak Budi Karya Sumadi, ada r-nya pak. Kalau pak Jaksa Agung dobel dia, Sanitiar Burhanuddin, ada r-nya. Pak Chairul Tanjung pun udah jadi orang Palembang, Chairul Tanjung. Kalau bu Puan enggak usah diomongin, Puan Maharani. Saya juga ada r-nya pak, Tito Karnavian," kata Tito.

Penjelasan Tito itu disambut tawa oleh hadirin serta para tokoh nan datang secara langsung di CNN Indonesia Awards 2024.

Kenang Taufiq Kiemas

Kemudian, Tito pun bercerita tentang sosok Taufiq Kiemas nan disebut sebagai sahabat ayahnya. Tito mengatakan sang ayah dan Taufiq satu sekolah saat menempuh pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Tito pun merupakan alumni dari sekolah nan sama.

Tito mengaku sudah kenal Taufiq sejak dirinya tetap kecil.

"Dan saya dari mini sudah kenal sama almarhum. Dan dari pangkat Kapten sudah sering ke Kebagusan, selalu dipanggil beliau, diajak bapak saya. Saya tanya beliau, 'Pak Taufiq Kiemas enggak punya r-nya lho pak'. 'Oh saya wong gerot,'. Wong gerot itu artinya orang kaya, orang top," kata Tito dengan nada bercanda.

Puan tampak tertawa mendengar cerita Tito.

Lebih lanjut, Tito pun menyampaikan pesan kepada Elen.

"Jadi bapak Elen jika ditanya "Pak, bapak bukan orang Palembang, enggak ada r-nya". Bapak kudu bilang "Aku gubernur". Ada r-nya juga," kelakar Tito.

Ucapkan terima kasih 

Setelahnya, Tito mengucapkan terima kasih kepada CT dan CNN Indonesia atas penghargaan nan diterima itu.

Tito mengatakan dirinya mendedikasikan penghargaan Extraordinary Achievement in Reform of Domestic Governance CNN Indonesia Awards 2024 itu kepada Kementerian Dalam Negeri.

Sejumlah tokoh dan tamu undangan datang memeriahkan aktivitas penghargaan ini. Mereka di antaranya adalah Chairman CT Corp Chairul Tanjung, Pemimpin Redaksi CNN Indonesia Titin Rosmasari, dan Direktur Transmedia Warnedy.

Lalu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi ArieSetiadi.

Turut datang Ketua DPR RI Puan Maharini, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Pj Gubernur Sumatra Selatan Elen Setiadi, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, dan beberapa tokoh lainnya.

CNN Indonesia Awards kali ini memberikan penghargaan kepada pemerintah kota/kabupaten, BUMD, serta pihak swasta nan berada di Sumatra Selatan.

Sejumlah penghargaan nan diberikan di antaranya Leading Public Service Innovation, Outstanding Digital Innovation for Governance Sustainability, Best Risk Management, Best Dedication in Culture and Tradtional Preservation, hingga Extraordinary Devotion to Unity and Nationalism.

CNN Indonesia Awards sebelumnya diadakan di Makassar pada 21 Maret 2024 dengan tema "Dari Sulsel untuk Nusantara" dan di Bali dengan tema "Dari Pulau Dewata Menuju Kebanggaan Nusantara" pada 13 Mei 2024 lalu.

(pop/vws)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional