Tito Resmi Lantik Dirjen Adwil Safrizal ZA Jadi Pj Gubernur Aceh

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 22 Agu 2024 14:03 WIB

Tito Karnavian melantik Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal ZA menjadi penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Kamis (22/8). Mendagri Tito Karnavian melantik Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal ZA menjadi penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Kamis (22/8). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Dirjen Adwil) Kemendagri, Safrizal ZA menjadi penjabat (Pj) Gubernur Aceh di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (22/8) siang.

Safrizal menggantikan Pj Gubernur Aceh sebelumnya Bustami Hamzah. Sementara Sugito diangkat sebagai penjabat Gubernur Kepulauan Babel.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Demi Allah saya bersumpah, bakal memenuhi tanggungjawab saya sebagai Penjabat Gubernur Lampung dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berkhidmat kepada masyarakat, negara dan bangsa," ujar Safrizal dan Sugito ketika diambil sumpahnya mengikuti Tito.

Safrizal dan Sugito merupakan birokrat. Safrizal sebelumnya sempat menjabat sebagai Pj Gubernur Bangka Belitung sejak November 2023 lalu. Sementara Sugito menjabat sebagai Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes.

Dalam pidatonya, Tito mengatakan Bustami Hamzah berencana maju dalam kontestasi di Pilgub Aceh 2024. Kondisi ini membuatnya kudu mundur dari jabatannya sebagai Pj gubernur Aceh.

Ia mengatakan tugas utama Safrizal sebagai Pj gubernur Aceh nan baru adalah mensukseskan PON nan digelar September 2024 bulan depan. Baginya, tugas Safrizal kudu langsung terjun langsung penyelenggaraannya PON nan sudah makin dekat.

"Saya memang jujur mencari kriteria untuk Aceh ini dalam obrolan saya dengan pak presiden adalah dia bisa untuk running langsung laksanakan PON. Pelaksanaan tanggal 9 [September]. 18 hari lagi. Bisa bayangkan. Lalu haris bisa berkomunikasi dengan sigap dengan stakeholder di Aceh. Dan memahami masalah PON, nan ikuti betul perjalanan PON ini," kata Tito.

(rzr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional