TNI AL Bakal Latihan Bersama Navy Seal AS di Indonesia Bulan Ini

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 07 Jul 2024 06:11 WIB

Latihan TNI AL dan Navy Seal AS bakal dilakukan selama 20 hari di beragam wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta dan Bogor. Latihan TNI AL dan Navy Seal AS bakal dilakukan selama 20 hari di beragam wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta dan Bogor. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Jakarta, CNN Indonesia --

TNI Angkatan Laut (AL) saat ini sedang menyiapkan latihan berbareng pasukan unik Angkatan Laut Amerika Serikat Navy Seal nan bakal digelar di Indonesia pada 8-29 Juli 2024.

Latihan berbareng Joint Combined Exchange Training (JCET) Flash Thunder Iron 2024 ini adalah latihan bilateral antara Pusat Komando Pasukan Katak (Puskopaska) TNI AL berbareng US SOPAC/US Navy Seal Group 1.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kegiatan ini, nan tujuannya meningkatkan profesionalisme dan interoperabilitas kedua pasukan, melanjutkan program kerja United States-Indonesia Bilateral Defence Discussion (USIBIDD) 2022 dan Special Operation Force (SOF) Talks pada 2022.

Persiapan buat JCET Flash Thunder Iron 2024 termasuk support operasional penerbangan untuk personel dan perlengkapan Navy Seal AS di Pangkalan Udara (Lanudal) TNI AL Juanda di Siduarjo.

Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani menjelaskan Navy Seal AS sudah tiba di Lanudal Juanda pada Jumat (5/7) menggunakan pesawat Dornier DO-328.

"Kami (Lanudal Juanda) bakal selalu siap memberikan support penuh guna kelancaran dan suksesnya aktivitas Latma JCET Flash Thunder Iron 2024 sesuai perintah komando atasan," ujar Dani di keterangan resminya, dilansir dari Antara.

JCET Flash Thunder Iron 2024 bakal digelar selama 20 hari dengan letak latihan di antaranya di Jakarta termasuk Kepulauan Seribu dan Bogor.

Materi latihan mencakup perawatan korban perang, strategi perahu kecil, pertempuran jarak dekat, pengintaian di pesisir alias pantai, operasi menyelam tempur, navigasi bawah permukaan air laut, menghancurkan sasaran bawah permukaan air laut dan skenario serangan lengkap/full mission profile.

(fea)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional