Upacara 17 Agustus di IKN, Bendera Pusaka Dikirab dari Monas Besok

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 09 Agu 2024 15:19 WIB

Pemerintah bakal menggelar kirab bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi ke Ibu Kota Nusantara (IKN) besok, Sabtu (10/8). Pemerintah bakal menggelar kirab bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi ke Ibu Kota Nusantara (IKN) besok, Sabtu (10/8). ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah bakal menggelar kirab bendera pusaka Merah Putih dan teks original proklamasi ke Ibu Kota Nusantara (IKN) besok, Sabtu (10/8). Dua barang itu dipindahkan menjelang upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan 17 Agustus.

Pengiriman dilakukan dari Monumen Nasional, Jakarta. Akan ada pagelaran nan mengiringi perpindahan dua barang berhistoris itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kirab bendera Merah Putih dan teks proklamasi nan bakal dilaksanakan mulai dari Monas, Halim dan sampai dengan IKN," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono melalui keterangan video, Jumat (9/8).

Pemerintah menugaskan empat orang purnapaskibraka 2023 dalam kirab itu. Mereka bakal membawa dua barang itu dari Jakarta ke IKN.

Kirab bakal dimulai pukul 08.00 WIB besok hari. Merah Putih dan teks proklamasi dikirab melalui jalur Monas, Patung Kuda, Bundaran Hotel Indonesia, Simpang Semanggi, lampau ke Landasan Udara Halim Perdanakusuma.

Dari Halim, dua barang berhistoris itu diterbangkan ke IKN. Lalu kirab bersambung ke Istana Negara IKN.

"Di Istana Negara di sana sudah siap dengan ruang bendera pusaka, jadi kelak bendera nan sampai sana bakal langsung ditempatkan di ruangan bendera pusaka tersebut, termasuk teks proklamasi," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Heru mengatakan masyarakat dipersilakan mengikuti kirab tersebut. Dia justru berambisi masyarakat meramaikan sepanjang jalur kirab.

"Kami sekretariat presiden mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bisa memeriahkan, mengikuti kirab," ujarnya.

(dhf/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional