Usai Tutup Permanen Gerai Sec Bowl di Kuningan, Manajemen Fokus Awasi SOP

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Manajemen Sec Bowl Adrin Vitadini hanya menjawab pendek usai salah satu gerai makanan siap saji itu diketahui mencuci peralatan memasak di toilet. Kasus ini terjadi di serai Sec Bowl nan berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan. Resto ini mempunyai 60 gerai di Jakarta dan di luar Jakarta.

Setelah terungkap masalah Sec Bowl tak meletakkan perhatian masalah higienitas tersebut, Adrin menyatakan pihaknya sedang berfokus mengawasi standar operasional prosedur di seluruh restoran. "Saat ini kami sedang konsentrasi menindaklanjuti dengan mengawasi SOP di semua outlet kami," kata Adrin saat dihubungi Tempo, Jumat, 20 September 2024.

Adrin tak menjawab apa hasil investigasi pihak Sec Bowl nan disebut ada SOP nan dilanggar, gimana peralatan masak dicuci di toilet, berapa lama masalah mencuci perangkat masak itu di toilet Sec Bowl Kuningan terjadi. "Terkait kejadian nan terjadi penjelasan dari kami sudah sesuai dengan press release nan sudah kami share di media sosial," ujar Adrin.

Setelah terungkap peralatan masak di gerai Sec Bowl Kuningan dicuci di toilet, pendiri restoran makanan siap saji ini, Rius Vernandes, langsung angkat bicara. Dia membenarkan kejadian itu terjadi di gerai Sec Bowl Kuningan, Jakarta Selatan. Dia mengatakan bahwa ada pelanggaran SOP dilakukan staf di outlet tersebut.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia alias YLKI, Tulus Abadi, menyesalkan masalah Sec Bowl—restoran makanan siap saji—yang mencuci peralatan masak di toilet dan viral itu. "Kejadian tersebut mengecewakan dan mengkhawatirkan lantaran resto itu condong mengabaikan higienitas dan berpotensi merugikan konsumen," kata dia, melalui pesan WhatsApp, Jumat, 20 September 2024.

Iklan

Sebelumnya Rius menyampaikan lima perihal setelah terungkap peralatan masak dicuci secara tak layak di sebuah toilet Sec Bowl Kuningan. Lima perihal komitmen Sec Bowl nan disiarkan Rius, ialah menutup Sec Bowl Kuningan secara permanen, menghancurkan semua peralatan alias equipment nan terindikasi kontaminasi.

Menghancurkan semua persediaan makanan nan terindikasi kontaminasi, mereview semua protokol dan prosedur kebersihan dan higienitas, dan memastikan kebersihan dan higienitas di semua outlet lain terjaga dengan baik.

Pilihan Editor: Awal Mula Terungkapnya Sec Bowl Cuci Alat Masak dan Makan di Toilet hingga Tutup Gerai

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis