Waketum PKB Dorong Kakak Cak Imin Jadi Opsi Lawan Khofifah di Jatim

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 26 Jul 2024 04:20 WIB

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid mendorong kakak Cak Imin, Abdul Halim Iskandar menjadi opsi musuh Khofifah Indar Parawansa di Pilkada Jawa Timur. Ketua DPP PKB Abdul Halim Iskandar. (CNNIndonesia/Tunggul).

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid mendorong kakak Cak Imin, Abdul Halim Iskandar menjadi opsi musuh Khofifah Indar Parawansa di Pilkada Jawa Timur.

Jazilul meyakini posisi Abdul Halim sebagai Ketua DPW PKB Jawa Timur bakal bisa menggerakkan mesin partainya. Menurut Jazilul, PKB mempunyai kekuatan nan besar di Jawa Timur, terlebih jika digabungkan dengan PDIP.

"Kalau beliau maju pasti mesin langsung nyala. Mesin PKB itu mesin besar di sana, mesin turbo lah di Jawa Timur itu. 30 persen. Apalagi bareng PDIP, nyaris separuh," kata Jazilul di kompleks parlemen, Kamis (25/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, Wakil Ketua MPR itu menyatakan bahwa usulan itu baru keinginannya secara pribadi.

"Ini baru pendapat saya pribadi, lantaran mengingat perlu figur nan langsung menghidupkan mesin. Kalau saya pribadi begitu. siapa nan bisa menghidupkan mesin? Pak Halim Iskandar jika di Jawa Timur," katanya.

Masalahnya, kata Jazilul, kesempatan Abdul Halim untuk maju terbentur oleh patokan nan mengharuskannya mundur sebagai caleg DPR terpilih. Dia menilai patokan itu tidak setara karena tidak bertindak di pemilihan presiden.

"Makanya sekali lagi saya meminta kepada KPU berikan patokan nan lebih tegas. Terkait dengan kudu mundur itu. Wakil presidennya enggak, presiden juga enggak. Kenapa giliran kader-kader partai politik terhambat," katanya.

"Itu saja nan kira-kira menjadi pertimbangan di PKB. Terkait dengan para kandidat calon kepala wilayah di Jawa Timur. Sama di Jawa Barat juga begitu," imbuh Jazilul.

PKB diprediksi bakal melawan koalisi besar nan mengusung Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak di Jawa Timur. Keduanya didorong partai-partai KIM seperti Golkar, Gerindra, Demokrat, dan PAN.

Sementara, PKB sekarang belum mengumumkan sosok nan bakal mereka usung. Sebelumnya ada nama Kyai Marzuki Mustamar. PKB diprediksi bakal berkoalisi dengan PDIP.

(thr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional