Warga Surabaya Laporkan Akun X Pelesetkan Logo NU Jadi 'Ulama Nambang'

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 21 Jun 2024 07:15 WIB

Warga Surabaya nan juga Nahdliyin menganggap akun X @pasifisstate nan mengunggah logo 'Ulama Nambang' telah melecehkan nama baik Nahdlatul Ulama. Warga Surabaya melaporkan salah satu akun X nan mengunggah logo Nahdlatul Ulama hasil editan menjadi 'Ulama Nambang'(Dok. Istimewa)

Surabaya, CNN Indonesia --

Warga Surabaya, Ali Mahfud (50) melaporkan akun X @pasifisstate ke polisi atas dugaan pelecehan terhadap lambang organisasi Nahdlatul Ulama (NU) nan diplesetkan menjadi 'ulama nambang'.

Sebagai Nahdliyin, dia merasa prihatin ada pihak nan tak bertanggungjawab memplesetkan logo organisasi para ulama.

"Saya merasa prihatin saja sebagai penduduk Nahdliyin. Merasa prihatin adanya di media sosial, twitter (X) itu ada logo NU nan dipelesetkan menjadi ustadz nambang. Itu nan kami sangat prihatin," kata Ali saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Kamis malam (20/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Laporannya pun telah diterima Polrestabes Surabaya berasas laporan nomor: LPM/ 236 /VI/2024/SPKT/POLRESTABES SURABAYA.

Ali mengaku baru mengetahui unggahan X itu pada Rabu (19/6). Ia jengkel lantaran memandang lambang NU diplesetkan. Bagian ormamen bintang sembilan nan dibubuhi tulisan Rp dan Dolar Amerika Serikat.

"Terus nama Nahdlatul Ulama itu diganti dengan ustadz nambang. Terus Warna, lambang mestinya nuansanya hijau diganti dengan warna orenye [kemerahan]," ucapnya.

Yang paling parah, menurut Ali adalah khat alias tulisan aksara Arab nan tetap tertulis Nahdlatul Ulama, namun dibuat seolah-olah mempunyai makna ustadz nambang.

"Kalau pakai khat itu aja sudah sangat bisa dikatakan sangat melanggar. Itu kan khat itu kewenangan diciptanya NU, tulisan arab itu, dia artikan bahasa Indonesianya jadi ustadz nambang," ucapnya.

Padahal, logo itu merupakan rancangan KH Ridwan Abdullah nan dibuat dari proses istkharah dan pertimbangan spritual nan panjang serta mendalam.

Menurut Ali, apa nan dilakukan akun @pasifisstate itu jelas sudah melecehkan NU.

"Itu Muassis NU nan buat, itu KH Ridwan Abdullah pembuat lambang itu. Kami sebagai pribadi prihatin," ujarnya.

Dia meminta abdi negara kepolisian segera menindaklanjuti laporan dugaan pelecehan lambang NU itu. Ali cemas ada preseden jelek nan terjadi dan perihal serupa bakal terulang lagi.

"Kalau tidak ada tindak lanjut abdi negara kepolisian alias penegak norma itu ke depan kita cemas sebagai penduduk Nahdliyin," ucapnya.

Terpisah, Kasi Humas Polrestabes Surabaya AKP Haryoko mengatakan bakal berkoordinasi dengan interogator mengenai untuk menindaklanjuti laporan dugaan pelecehan logo NU itu.

"Kami segera tindak lanjuti dengan koordinasi lebih lanjut lagi," kata Haryoko.

(frd/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional