Yakinkan Masyarakat soal IKN, Istana Pamerkan Arsip Presiden di TIM

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 08 Agu 2024 10:55 WIB

Pemerintah menggelar pameran ibu kota negara di Taman Ismail Marzuki, Jakarta 8-20 Agustus untuk meyakinkan masyarakat soal proyek pemindahan IKN. Maket IKN Nusantara skala 1/20 ditampilkan di pameran ibu kota negara di TIM, Jakarta, Kamis (8/8). (CNN Indonesia/ Dhio Faiz)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menggelar pameran tentang ibu kota negara untuk meyakinkan masyarakat soal proyek pemindahan ibu kota ke Nusantara (IKN).

Pameran berjudul Mari Kemari ke Nusantara itu digelar di Galeri Emiria Soenassa, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta. Pameran bakal berjalan hari ini hingga 20 Agustus.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kementerian Sekretariat Negara berbareng daerah-daerah lainnya mau membujuk seluruh masyarakat mengerti tentang urgensi pemindahan ibu kota negara keluar Jakarta, ialah Nusantara," kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama di TIM, Jakarta, Kamis (8/8).

Pameran itu menampilkan sejumlah teks tentang sejarah rencana pemerintah memindahkan ibu kota negara. Bahkan, ada info soal pemindahan ibu kota ke Kota Bandung di era kolonial Belanda.

Ada pula teks dan beberapa cetak biru pemindahan ibu kota negara dari masa ke masa. Rencana pemindahan ibu kota negara dari era Sukarno hingga Jokowi dipaparkan di pameran itu.

Kemensetneg juga memamerkan beberapa peninggalan sejarah. Beberapa di antaranya sampulsurat surat resmi Presiden Sukarno, kartu nama Wakil Presiden Mohammad Hatta, hingga radio nan digunakan masyarakat untuk mendengarkan proklamasi kemerdekaan.

Selain itu, Kementerian Sekretariat Negara menyajikan maket Ibu Kota Nusantara. IKN ditampilkan dalam skala 1/20.

"Dengan koleksi ARSIP Kepresidenan nan dipamerkan, kami berambisi masyarakat semakin percaya bakal tujuan baik dan rencana matang pemindahan ibu kota negara," ujarnya.

Presiden Jokowi telah memutuskan ibu kota negara bakal dipindah ke Penajam Paser Utara. Dia menamakan ibu kota baru Nusantara.

Pemindahan ibu kota negara sudah disetujui DPR. Delapan dari sembilan fraksi di DPR RI menyetujui Undang-Undang Ibu Kota Negara. Pemindahan ibu kota hanya menunggu keputusan presiden.

(dhf/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional