1.304 Aparat Diterjunkan Kawal Demo Buruh di Jakarta Hari Ini

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 1.304 personel campuran nan diterjunkan untuk mengamankan aksi demo buruh di Mahkamah Konstitusi hingga Istana Negara, Senin (8/7) hari ini.

Demo pekerja tersebut digelar oleh massa nan tergabung dalam Partai Buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

"Personel nan diterjunkan ada sebanyak 1.304," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Terkait rekayasa lampau lintas, kata Susatyo, tetap berkarakter situasional. Ia menyebut penutupan jalan dan pengalihan arus baru bakal dilakukan jika terjadi eskalasi.

"(Pengalihan) arus lalin (lalu lintas) situasional. Kalau skalanya di lapangan meningkat, arus lalin di Jalan Merdeka Barat dialihkan," ucap dia.

Terpisah, Presiden KSPI sekaligus Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyampaikan demo hari ini berbarengan dengan sidang lanjutan Judicial Review Omnibus Law UU Cipta Kerja dengan agenda mendengarkan keterangan mahir dan saksi pemohon.

"Kami berambisi dengan tindakan ini, bunyi para pekerja dapat lebih didengar dan diperhatikan oleh para Hakim Mahkamah Konstitusi yang sedang menyidangkan uji materiil Omnibus Law UU Cipta Kerja," kata dia dalam keterangan tertulis.

Kata Said, tindakan ini digelar serentak di sejumlah daerah, antara lain di Semarang, Surabaya, Batam, Medan, Pekanbaru, Banda Aceh, Gorontalo, Banjarmasin, hingga Makassar.

Sementara untuk tindakan di Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta, bakal dipusatkan di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) dan Istana Negara dengan titik kumpul di Patung Kuda.

"Jumlah massa tindakan diperkirakan mencapai ribuan orang," ucap Said.

Selain soal UU Ciptaker, tindakan demo hari ini juga mengusung sejumlah tuntutan lainnya. Yakni, soal bayaran murah, penghapusan outsourcing, PHK, hingga pengaturan cuti.

(dis/gil)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional