Istana Respons Kepuasan Publik ke Jokowi Masih Tinggi: Terima Kasih

Sedang Trending 3 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat menghormati dan mengapresiasi catatan dari masyarakat selama satu dasawarsa pemerintahannya.

Hal tersebut merespons survei nasional Indikator Politik Indonesia nan menunjukkan sebanyak 74,96 persen responden masyarakat tetap puas terhadap keahlian Jokowi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Presiden menyampaikan terima kasih atas support nan diberikan oleh masyarakat selama 10 tahun pemerintahannya dan juga menyampaikan permohonan maaf jika tetap ada kekurangan dan keterbatasan dalam pelayanan pada masyarakat," kata Ari dalam keterangannya nan dikutip Minggu (6/10).

Ari mengatakan Jokowi tetap bekerja sebagaimana mestinya dengan banyak melakukan kunjungan kerja guna menemui masyarakat di beragam pelosok Indonesia.

Menurutnya, Jokowi bakal lebih sering berjamu ke wilayah perbatasan alias wilayah nan sama sekali belum pernah dikunjungi semenjak terpilih menjadi presiden pada 2014 lalu.

Kunjungan Jokowi itu, kata Ari, juga untuk memastikan program-program prioritas nasional melangkah dengan baik dan tuntas, sehingga bisa memberikan akibat signifikan pada masyarakat di seluruh Indonesia.

"Saat berjumpa langsung dengan masyarakat, Presiden selalu menyampaikan terima kasih dan juga permohonan maaf," kata dia.

Lebih lanjut, Ari menyebut tingkat kepuasan nan tetap tinggi berasas hasil survei itu menjadi daya bagi Jokowi untuk memastikan proses transisi pemerintahan melangkah baik dan lancar.

Sebaliknya kekurangan dalam keahlian beberapa bagian pemerintahan juga bakal menjadi catatan pertimbangan Jokowi agar bisa diperbaiki pada pemerintahan berikutnya.

"Karena semangat dari pemerintahan berikutnya nan dipimpin Presiden Terpilih Bapak Prabowo Subianto adalah keberlanjutan. Dengan demikian, Presiden percaya kekurangan dan keterbatasan bakal menjadi perhatian dan prioritas pemerintahan nan bakal datang," ujar Ari.

Survei Indikator Politik Indonesia atas pertimbangan publik terhadap 10 tahun pemerintahan Presiden Jokowi sebelumnya menunjukkan sebanyak 74,96 persen responden masyarakat tetap menunjukkan kepuasan terhadap keahlian Jokowi.

Pendiri dan Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan survei nasional itu dilakukan pada periode 22-29 September 2024 dengan 3.540 responden nan tersebar di seluruh Indonesia.

Burhanuddin menyebut pada periode Januari 2015-September 2019, approval rating  Jokowi berada di 65,5 persen. Kemudian pada periode kedua alias selama Februari 2020-September 2024, approval rating Jokowi naik menjadi 70,9 persen.

Burhanuddin juga menyoroti kepuasan publik terhadap Jokowi itu fluktuatif. Menurutnya, Jokowi mendapatkan approval rating dari masyarakat sebesar 62 persen pada saat awal menjabat.

Survei terbaru Indikator dilakukan dengan penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Sebanyak 3.540 responden tersebar di 11 provinsi.

Margin of error sekitar 2.3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden berumur 17 tahun ke atas dan nan terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara nan telah terlatih.

(khr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional