19 Prajurit TNI AD Pensiun Dini untuk Maju Pilkada 2024

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 17 Sep 2024 14:26 WIB

Sebanyak 19 prajurit TNI AD mengundurkan diri dari dinas militer untuk maju di Pilkada 2024. Ilustrasi. Sebanyak 19 prajurit TNI AD mengundurkan diri dari dinas militer untuk maju di Pilkada 2024. (Dok. Puspen TNI)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 19 prajurit TNI Angkatan Darat (AD) mengundurkan diri dari dinas militer untuk maju di Pilkada 2024.

"Jumlah prajurit nan melaksanakan pemberhentian dengan hormat dari dinas keprajuritan sejumlah 19 orang," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Wahyu Yudhayana kepada CNNIndonesia.com, dikutip Selasa (17/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Wahyu tidak menjelaskan 19 prajurit tersebut maju di wilayah mana saja. Ia hanya menyampaikan 19 orang itu terdiri dari 10 perwira dan sembilan bintara.

"Itu sudah mengusulkan pensiun awal untuk maju di pilkada. Sudah keluar surat keputusannya, diberhentikan dengan hormat, diberikan kewenangan pensiun, akhirnya mereka statusnya masyarakat sipil," ujar dia.

Pemungutan bunyi serentak Pilkada 2024 bakal dihelat pada 27 November 2024. Ada 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota nan mengikuti Pilkada 2024.

KPU telah membuka pendaftaran pasangan calon kepala wilayah pada akhir Agustus lalu. Penetapan pasangan calon bakal diumumkan pada 22 September 2024.

UU Pilkada mengatur personil TNI kudu mengundurkan diri ketika sudah ditetapkan sebagai pasangan calon.

Hal itu diatur dalam Pasal 7 ayat (2) huruf t Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota alias UU Pilkada.

"Menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai personil Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Pegawai Negeri Sipil serta Kepala Desa alias julukan lain sejak ditetapkan sebagai pasangan calon peserta Pemilihan," demikian bunyi pasal tersebut.

(yoa/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional