3.457 Aparat Gabungan Dikerahkan Kawal Sidang Tahunan MPR Hari Ini

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak 3.457 personel campuran dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI di sekitar kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Jumat (16/8) besok.

"Total campuran personel pengamanan 3.457 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi dalam keterangannya, Kamis (15/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ribuan abdi negara campuran itu terdiri dari 3.137 personel Polri, 223 personel TNI, serta 97 personel dari Pemda. Nantinya, ribuan personel ini bakal ditempatkan di sejumlah titik.

"Pola pengamanan dilakukan di sekitar Gedung DPR MPR, Bunderan HI dan Patung Kuda serta pengamanan rute keberangakatan dan kembali presiden dari Istana Negara-DPR MPR guna menciptakan kamseltibcarlantas," tutur Ade Ary.

Lebih lanjut, Ade Ary menyampaikan pengamanan aktivitas tersebut bakal mengedepankan upaya preventif serta penegakan hukum.

"Yang didukung giat intelijen guna mengantisipasi aktivitas unras, kemacetan lampau lintas serta ancaman teror," ujarnya.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Metro Jaya juga menyiapkan rekayasa lampau lintas (lalin) di sekitar Gedung DPR/MPR dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI, Jumat (16/8) besok.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan rekayasa lalin itu berkarakter situasional. Artinya, penerapannya tergantung situasi di lapangan.

"Rekayasa lampau lintas situasional, untuk memastikan arus lampau lintas lancar," kata Latif saat dikonfirmasi.

Berikut rekayasa lalin nan disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

1. Arus lampau lintas dari arah TL Lapangan Tembak menuju Jalan Gatot Subroto diputar kembali di kolong sekat 2 alias dialihkan ke tanjakan layang Ladokgi arah Semanggi

2. Arus lampau lintas dari Tol Dalam Kota nan bakal keluar di off ramp Pulau Dua diluruskan ke arah Tol Tomang

3. Arus lampau lintas dari Jalan Palmerah Timur menuju Jalan Gelora alias pintu belakang Gedung DPR/MPR RI diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar alias Jalan Permata Hijau

4. Arus lampau lintas dari Jalan Gerbang Pemuda menuju Jalan Gelora alias pintu belakang Gedung DPR/MPR RI dibelokkan ke kiri Jalan Asia Afrika

5. Arus lampau lintas dari Jalan Asia Afrika menuju TL Lapangan Tembak dibelokkan ke kanan ke Jalan pintu 1 Senayan alias diputar balikkan di TL Asia Afrika

6. Arus lampau lintas dari arah Semanggi nan menuju Slipi dialihkan ke kiri di sekat 2 alias Ladokgi ke Jalan Gerbang Pemuda

7. Arus lampau lintas dari arah Slipi nan menuju Jalan Gerbang Pemuda diluruskan ke arah Semanggi.

(dis/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional