3 Hal Baru yang Dijanjikan Akan Beroperasi di IKN: Club House hingga Kereta Tanpa Rel

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo memamerkan ruang kerjanya di Istana Garuda Ibu Kota Nusantara namalain IKN. Melalui unggahan media sosialnya, mengenakan kemeja putihnya, Jokowi menampilkan foto dirinya sedang duduk di bangku dengan lembaran kertas di atas meja.

Di Istana Garuda tersebut, Presiden melakukan rapat dengan Otorita IKN dan Menteri Perhubungan serta menerima jejeran pemerintah wilayah di Kaltim pada 29 Juli 2024.

Sementara pada hari kedua, Selasa 30 Juli 2024, Presiden menerima pengusaha lokal di sekitar IKN nan terdiri atas Kadin Daerah Provinsi Kaltim, Kadin Daerah Balikpapan, Kadin Daerah Samarinda, Kadin Daerah Penajam Paser Utara, Hipmi Provinsi Kaltim, Hipmi Balikpapan, Hipmi Samarinda, dan Hipmi Penajam Paser Utara.

Usai dua hari berkantor di IKN, Jokowi kembali ke Jakarta. Istana Kepresidenan memastikan bahwa Jokowi tidak bakal menggelar sidang kabinet di IKN pada pekan di akhir Juli 2024 ini.

Yang Segera Hadir ke IKN

1. Club House
Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga menjelaskan kondisi terkini dalam pembangunan rumah tapak kedudukan menteri di ibu kota baru. Danis menyebut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan satu unit club house dan pengisian perabotan di 12 unit rumah dinas menteri di IKN. 

"Rumah menteri sebanyak 14 dari 36 unit sudah siap furnished," ujarnya, Selasa, 30 Juli 2024.

Adapun Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) berlokasi di Jalan Sumbu Barat berjarak sekitar 1 kilometer dari Istana Negara IKN. Akses jalan dari arah Istana Negara IKN menuju ke letak RTJM tersebut belum seluruhnya dibeton, selain Jalan Sumbu Barat nan telah berbeton di satu jalurnya. 

Iklan

Tak jauh dari salah satu rumah menteri nan digunakan Jokowi menginap, terdapat satu unit club house nan menyisakan pengerjaan pernis pada tembok depan bermotif batu. Club house dengan gedung memanjang serta berdesain modern kontemporer itu menjadi akomodasi para menteri di tengah klaster perumahan untuk beraktivitas, dan juga tersedia anjungan dengan jarak pandang ke area IKN. 

2. Kereta Tanpa Rel
Selain itu, bakal dilakukan uji coba kereta mode transportasi trem otonom alias Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai 5 Agustus mendatang. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut sistem operasional trem otonom pada masa uji coba bakal menerapkan sistem tiket cuma-cuma kepada penumpang selama Agustus hingga Desember 2024. 

“Kerja sama dengan perusahaan Cina, ialah mereka memberikan jasa gratis, sementara kita menyediakan jalan nan sudah dikonstruksi oleh Kementerian PUPR dan Otorita IKN, juga marka jalan,” tutur Menhub Budi Karya dalam keterangan resmi, dikutip dari Tempo.co.

3. Kapal Pinisi
Budi juga menyampaikan moda transportasi laut kapal Pinisi bakal beraksi melayani perjalanan wisata ke IKN pada 1 Agustus 2024. Budi menyebut Kemenhub bakal menyediakan satu unit kapal lagi melalui penugasan kapal pinisi milik PT Pelayanan Nasional Indonesia (Persero) alias Pelni. 

“Jadi bakal kita lihat Balikpapan, seperti Labuan Bajo, banyak kapal pinisi. Kita tahu Balikpapan mempunyai destinasi wisata, ada konservasi orangutan, ada penangkaran buaya, ini bagian dari satu aktivitas pariwisata. Kami kelak bakal kerjasama dengan pemerintah provinsi maupun OIKN," jelas Budi Karya melalui keterangan resmi dikutip dari Tempo.

LINDA LESTARI I ERVANA TRIKARINA PUTRI I NOVALI PANJI NUGROHO I ANTARA I SUKMA KANTHI NURANI
Pilihan editor: Jokowi Ngaku Tak Bisa Tidur Nyenyak di Istana Kepresidenan di IKN, Apa nan Terjadi?

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis