30 Sumur Minyak Ilegal di Jambi Ditutup Permanen

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 07 Mei 2024 12:41 WIB

Aparat campuran menargetkan penutupan 149 sumur minyak terlarangan di Kabupaten Batanghari, Jambi. Aparat kepolisian menunjukkan penampungan minyak terlarangan di Desa Bondon, Bayung Lencir, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, Kamis (29/4/2021). (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

Jakarta, CNN Indonesia --

Aparat campuran menggelar operasi penutupan ratusan sumur minyak ilegal di Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, mulai Senin (6/5).

Operasi bakal dilakukan selama tujuh hari dengan sasaran penutupan 149 sumur minyak terlarangan di Desa Bungku. Tim campuran tersebut bakal dibagi dalam tiga golongan besar nan terdiri dari ratusan orang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tim campuran tersebut terdiri dari Polda Jambi, Korem 042 Gapu, Pemerintah Kabupaten Batanghari, dan Pertamina. Mereka berupaya melakukan kontrol agar tidak ada lagi aktivitas penambangan minyak terlarangan di Jambi.

Kolonel Infantri M. Imasfy selaku Kasi Intel Korem 042 Garuda Putih mengatakan dalam sehari operasi, tim campuran telah menutup total 30 sumur minyak ilegal.

"Di hari pertama ini, kita telah menindak 30 sumur minyak terlarangan dan besok kami bakal lanjutkan lagi," kata Imasfy dilansir dari Antara.

Saat penutupan, tim campuran tidak menemui satu orang pun di letak penambangan minyak ilegal. Pemilik sumur juga sudah menutup tambang minyak menggunakan pelepah sawit.

Kasubdit Tipiter Ditreskrimsus Polda Jambi Reza Khomeini mengatakan sumur minyak terlarangan ini sudah beraksi cukup lama dan berakibat pada kerusakan lingkungan. Sumur ini ditutup secara permanen menggunakan semen.

Dia mengatakan aktivitas penambangan minyak tanpa izin ini semakin meluas hingga merambah ke Taman Hutan Raya (Tahura) Batanghari nan dilindungi oleh pemerintah setempat.

"Sesuai info nan kami lihat, sudah merambah ke area Tahura, jadi kami datang kembali ke sini untuk melakukan penertiban," kata Reza.

Reza berambisi semua pihak serius menangani persoalan sumur minyak ilegal. Dia pun berambisi keberadaan satgas campuran dapat menekan kemungkinan terjadinya perihal serupa di masa mendatang.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di sumur minyak terlarangan di Taman Hutan Raya, Kabupaten Batanghari, Jambi. Kebakaran tersebut tak kunjung padam setelah tiga pekan berlalu.

Dalam kasus ini polisi menetapkan empat orang sebagai tersangka. Salah satu tersangka meninggal bumi saat kebakaran terjadi. Sementara tiga lainnya ditahan di Mapolres Batanghari.

(Antara/csp/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional