4.500 Aparat Polisi Jaga Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 15 Agu 2024 00:25 WIB

Mabes Polri bakal dibantu abdi negara campuran dari Polda Metro Jaya untuk mengamankan kehadiran Paus Fransiskus di Indonesia pada awal September nanti. Mabes Polri bakal dibantu abdi negara campuran dari Polda Metro Jaya untuk mengamankan kehadiran Paus Fransiskus di Indonesia pada awal September nanti. (REUTERS/Louisa Gouliamaki)

Jakarta, CNN Indonesia --

Mabes Polri mengerahkan total 4.500 personel dalam rangka persiapan dan pengamanan kehadiran Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September mendatang.

Karo Penmas Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pengamanan tersebut bakal dilakukan melalui Operasi Tribrata Jaya nan bakal dimulai pada tanggal 2-7 September 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Setiap rangkaian aktivitas baik para, pada saatnya kelak dan pasca aktivitas tersebut Polri bakal mengamankan kunjungan alias kehadiran tersebut," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/8).

Trunoyudo merincikan dari total 4.520 personel tersebut, sebanyak 1.077 personel diantaranya berasal dari Mabes Polri. Sementara sisanya 3.443 personel diperbantukan dari Polda Metro Jaya.

Ia menjelaskan berasas info terakhir, Paus Fransiskus diperkirakan tiba di Indonesia pada Selasa, 3 September 2024 siang.

Keesokan harinya, Paus Fransiskus diagendakan bakal berjumpa dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.

Kemudian pada Kamis, 5 September 2024, Paus Fransiskus bakal menghadiri pertemuan antaragama di Masjid Istiqlal, Jakarta dengan disusul pertemuan dengan penerima faedah organisasi kebaikan di instansi Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

"Masih di hari nan sama, sore harinya, ialah pukul 17.00 WIB Paus mengadakan misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta nan bakal dihadiri puluhan ribu umat Katolik," jelas Trunoyudo.

"Polri bakal melakukan pengamanan agar seluruh aktivitas Paus di Indonesia melangkah kondusif dan kondusif," tegasnya.

Lebih lanjut, Trunoyudo mengatakan, Operasi Tribrata Jaya 2024 tidak hanya mengamankan agenda Paus, melainkan juga International Sustainability Forum (ISF) Tahun 2024 nan berjalan pada 4-6 September 2024.

(tfq/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional