4 Bansos yang akan Cair Agustus 2024

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah kembali menyalurkan beberapa jenis support sosial (bansos) pada Agustus 2024. Bansos diberikan pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) kepada family penerima faedah (KPM) nan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Daftar Bansos nan Cair Agustus 2024

Berikut sejumlah bansos nan bakal didistribusikan pada Agustus 2024: 

1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Melansir laman Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), penyaluran biaya bansos PKH dibagi menjadi empat tahap dalam setahun, ialah tahap I (Januari-Maret), tahap II (April-Juni), tahap III (Juli-September), dan tahap IV (Oktober-Desember). 

Dengan demikian, pada Agustus 2024 merupakan tahap III penyaluran PKH. Dikutip dari laman resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Jember, Jawa Timur, salah satu wilayah nan telah menggelar penyaluran bansos PKH Tahap III adalah Kecamatan Patrang nan dilaksanakan sejak Juni 2024. 

2. Bantuan Pangan Beras 10 Kilogram

Pemerintah juga bakal mencairkan support pangan beras 10 kilogram pada Agustus 2024. Hal itu seperti disampaikan oleh Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi. 

“Bantuan pangan (beras 10 kilogram) ini ditetapkan dalam rapat internal sama Pak Presiden (Jokowi). (Dilanjutkan) bulan delapan, sepuluh, dan 12. (Anggarannya) sekitar Rp 9 triliun,” kata Arief di sela Rapat Koordinasi Perluasan Areal Tanam dan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Menteri Pertanian (Mentan) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di Jakarta, Jumat, 7 Juni 2024, seperti dikutip dari Antara. 

Arief mengatakan, keputusan untuk melanjutkan pemberian support pangan beras 10 kilogram tahap ketiga sudah ditetapkan oleh Presiden Jokowi. Adapun program bakal bersambung pada Agustus, Oktober, dan Desember 2024. 

“Tahun lampau kan nggak full 12 bulan, tahun ini (dilanjutkan tahap tiga pada bulan) delapan, sepuluh, dan 12 lantaran Pak Presiden selalu menyampaikan dalam beberapa kesempatan bakal memandang postur APBN (anggaran pendapatan dan shopping negara) juga,” ucap Arief. 

Selanjutnya: 3. Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)....

Iklan

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis