Pesan Basuki Hadimuljono ke Pemerintahan Prabowo Subianto: Sambungkan Jalan Tol Trans Sumatera

Sedang Trending 1 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku sudah menyampaikan rekomendasi keberlanjutan proyek prasarana kepada pemerintahan era presiden terpilih Pilpres 2024 Prabowo Subianto. Ia berujar, salah satu pekerjaan rumah alias PR nan ditargetkan selesai dalam lima tahun mendatang adalah proyek Tol Trans Sumatera.

“Kita kudu selesaikan lima tahun ke depan, menyambungkan Tol  Trans Sumatera. Insyaallah bisa. Tidak terlalu banyak,” kata Basuki ketika ditemui di Kementerian PUPR, Jumat, 4 Oktober 2024. Ia juga mengatakan pembangunan prasarana tetap perlu dilakukan untuk wilayah Indonesia bagian timur.

Selama dua periode pemerintahan Presiden Jokowi, Kementerian PUPR telah merampungkan 2.432 kilometer jalan tol. Sehingga, nantinya aka nada 3.200 kilometer tol nan beroperasi. Meskipun terlihat besar angkanya, menurut Basuki, capaian pembanguan prasarana ini belum seberapa jika dibandingkan negara lain.

Basuki menuturkan, pemerintah selama 10 tahun terakhir  memang memprioritaskan pembangunan infrastruktur. Namun, di bawah kepemimpinan Jokowi, pemerintah membangun prasarana hanya untuk mengejar ketertinggalan. “Bukan untuk menyediakan kebutuhan minimal prasarana dalam rangka investasi, menurunkan biaya logistik, bersaing di bumi global,” kata dia.

Menurutnya, Indonesia tetap tertinggal dengan negara-negara lain. Misalnya, dalam pembangunan prasarana bendungan. Meski membangun 61 waduk terlihat banyak, kata Basuki, jumlah ini tetap jauh di bawah Korea Selatan nan mempunyai 19 ribu waduk dan Cina nan mempunyai 98 ribu bendungan.

“Jadi, saya kira apa nan kami lakukan 10 tahun ke belakang, untuk mengejar kebutuhan infrastruktur,” kata Basuki mengulangi pernyataannya.

Pilihan Editor: Jokowi Resmikan Dua Tol di Sumatera Utara Nilainya Rp 17,6 Triliun

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis