5 Daerah Pilkada di Jabar Berpeluang Diikuti Calon Independen

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

KPU Jawa Barat (Jabar) mengatakan ada lima wilayah di provinsi itu yang berpeluang bakal melaksanakan pilbup/pilwakot dengan diikuti calon jalur perseorangan alias independen pada Pilkada serentak 2024 ini.

Para calon independen itu telah memenuhi syarat awal untuk diverifikasi pencalonannya dari jalur perseorangan tersebut. Selanjutnya mereka bakal melanjutkan tahapan selanjutnya untuk memastikan keabsahan keikutsertaan para peserta calon independen tersebut.

Ketua Divisi Teknis KPU Jabar Adi Saputro mengatakan lima wilayah nan ada calon independen itu adalah Subang, Sumedang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Banjar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Di Pilkada serentak di Jawa Barat, ada 5 bakal calon dari jalur perseorangan nan memenuhi syarat untuk dilakukan vermin (verifikasi administrasi). Dari Subang, Sumedang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Banjar," katanya, Rabu (29/5) mengutip dari detikJabar.

Dua tahap verifikasi lanjutan

Adi mengungkapkan lima bakal calon pasangan itu dinyatakan memenuhi syarat jumlah support minimal untuk maju melalui jalur perseorangan. Tapi, kelimanya tak bisa langsung lolos otomatis sebagai pasangan calon lantaran berkas persyaratannya bakal diverifikasi kembali oleh KPU.

Ada dua tahap verifikasi lanjutan nan kudu dilewati ialah berupa verifikasi manajemen dan verifikasi faktual.

Verifikasi tersebut sekaligus untuk meneliti keabsahan berkas support para bakal pasangan calon perseorangan. Jika ada nan tak sesuai, maka bakal dinyatakan sebagai kekurangan nan kudu diperbaiki dua kali lipat oleh kandidat nan bersangkutan. Verifikasi manajemen alias vermin dilaksanakan pada 29 Mei kemarin.

"Setelah vermin, ada verfak (verifikasi faktual). Setelah itu baru bakal direkap kekurangannya berapa, baru kelak kekurangannya bakal dikali dua," ucap Adi Saputro.

Tak ada calon independen di Pilgub Jabar

Selain itu Adi menegaskan Pilgub Jabar 2024 tak diikuti bakal pasangan calon dari jalur perseorangan.

Saat agenda pendaftarannya dibuka pada 8-12 Mei lalu, katanya, tak ada satupun pasangan nan menyerahkan syarat minimal support untuk jalur perseorangan.

"Pilgub Jawa Barat dipastikan tidak ada calon dari jalur perseorangan. Karena tidak ada satupun bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nan menyerahkan syarat minimal support 2.321.000, nan tersebar di 14 kabupaten/kota kota untuk jalur perseorangan," ujar Adi.

Baca buletin lengkapnya di sini.

(tim/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional