Daftar Anggota DPR Punya Relasi Keluarga, Suami-Istri hingga Ibu-Anak

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX
Daftar Isi

Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa anggota DPR RI periode 2024-2029 mempunyai relasi kekerabatan satu sama lain, seperti suami dan istri hingga ibu dan anak. Mereka berasal dari sejumlah partai nan sukses meraih bangku DPR.

PDIP menjadi partai nan meraih bangku terbanyak ialah 110 kursi. Disusul Golkar 102 kursi, Gerindra 86 kursi, NasDem 69 kursi, PKB 68 kursi, PKS 53 kursi, PAN 48 kursi, dan Demokrat 44 kursi.

Berikut ini daftar personil legislatif nan mempunyai hubungan family dan sukses duduk di Senayan:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mulan Jameela dan Ahmad Dhani

Pasangan suami-istri musisi dari Partai Gerindra, Mulan Jameela dan Ahmad Dhani, sukses melenggang ke DPR RI setelah memenangkan bunyi di wilayah pemilihan (dapil) masing-masing.

Mulan Jameela terpilih mewakili dapil Jawa Barat XI dengan total perolehan bunyi sebesar 83.526. Sementara sang suami, Ahmad Dhani terpilih dari dapil Jawa Timur I dengan meraih 134.227 suara.

Puan Maharani dan Diah Pikatan Orissa Putri Haprani

Ketua DPR RI, Puan Maharani, sekarang duduk di bangku Senayan berbareng sang anak, Diah Pikatan Orissa Putri Haprani. Keduanya adalah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), partai nan memperoleh bangku terbanyak di DPR RI untuk periode 2024-2029.

Puan Maharani sekarang telah mencetak sejarah dengan sukses menempati posisi Ketua DPR RI untuk dua periode. Keberhasilan sang anak memperoleh 101.125 bunyi di dapil Jawa Tengah IV pun menambah daftar family Puan nan melenggang di kancah perpolitikan nasional.

Diah nan kerap disapa Pinka, sempat diperkenalkan oleh Megawati Soekarnoputri sebagai cucunya pada seremoni HUT ke- 50 PDIP pada Januari 2023 lalu. Sejak itu, namanya menjadi sorotan publik karena Megawati juga mengungkapkan minat cucunya tersebut untuk terjun di bumi politik.


Sugiono dan Marlyn Maisarah

Sugiono nan merupakan kader Gerindra berbareng istrinya berhasil melenggang ke Senayan di Pileg 2024. Sugiono memperoleh 62.855 bunyi di dapil Jawa Tengah II. Sedangkan Marlyn, sang istri, mengantongi 82.478 bunyi dari dapil Jawa Barat V.

Sugiono sudah aktif menjadi kader Gerindra sejak 2008. Pria nan menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini pun sempat terpilih sebagai personil DPR RI periode sebelumnya dan menempati posisi Wakil Ketua Komisi I.

Di sisi lain Marlyn sudah menjadi personil Dewan Pembina Partai Gerindra sejak 2014. Wanita nan kerap disapa Ceu Marlyn ini dikenal aktif dalam beragam aktivitas sosial dan konsolidasi partai.

Ahmad Heryawan dan Netty Prasetiyani

Pasangan lain nan sukses menempati bangku DPR RI berbarengan adalah Ahmad Heryawan dengan sang istri, Netty Prasetiyani. Pria nan berkawan disapa Aher merupakan kader PKS yang sukses memenangkan bangku DPR RI dari dapil Jawa Barat II dengan total bunyi sebanyak 145.034.

Aher merupakan Gubernur Jawa Barat dua periode, 2008-2013 dan 2013-2018. Istrinya, Netty Prasetiyani, juga sukses menjadi personil majelis dari dapil Jawa Barat VIII setelah mengumpulkan 67.263 suara.

Ahmad Muzani dan Himmatul Aliyah

Pasangan suami-istri dari Partai Gerindra ini juga terpilih menjadi personil DPR RI di Pemilu 2024. Ahmad Muzani mendapatkan 110.161 bunyi dari dapil Lampung I nan meliputi Bandar Lampung, Lampung Barat, Lampung Selatan, Tanggamus, Pesawaran, dan Metro.

Sedangkan istrinya, Himmatul Aliyah, sukses meraih 94.543 bunyi di dapil DKI Jakarta II. Muzani dan Himmatul telah terpilih pada pemilu sebelumnya.

Adde Rossi Khoerunnisa dan Tubagus Haerul Jaman

Adde Rossi Khoerunnisa dan Tubagus Haerul Jaman sukses menjadi personil DPR RI di bawah naungan Partai Golkar. Mereka mempunyai hubungan kerabat dari relasinya dengan Ratu Atut Chosiyah, mantan Gubernur Banten.

Ade dikenal sebagai menantu Ratu Atut nan sempat menduduki posisi Wakil DPRD Banten. Sedangkan, Haerul adalah adik tiri Ratu Atut nan sebelumnya pernah menjabat sebagai Walikota Serang periode 2011-2018.

Dalam pemilu legislatif 2024, Adde Rossi sukses mendapatkan 61.848 bunyi di dapil Banten I, sementara Haerul memperoleh 81.362 bunyi di dapil Banten II.

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dan G Budisatrio Djiwandono

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dan G Budisatrio Djiwandono adalah sepupu nan merupakan keponakan dari Presiden RI terpilih Prabowo Subianto.

Mereka sukses memenangkan bangku DPR RI melalui partai Gerindra. Rahayu memperoleh 52.932 bunyi dari dapil DKI Jakarta III, sementara Budi sukses mengantongi 131.569 bunyi di dapil Kalimantan Timur.

Budi nan ibunya adalah kakak kandung Prabowo, sempat menjadi personil DPR RI Pergantian antarwaktu (PAW) menggantikan Luther Kombong pada 2017, kemudian dirinya kembali terpilih menempati bangku DPR RI periode 2019-2014 serta menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV.

Kini, Budi kembali dilantik untuk meneruskan kiprahnya sebagai perwakilan rakyat dan ditunjuk menjadi Ketua Fraksi Gerindra di DPR RI periode 2024-2029.

Masih satu hubungan kerabat, Rahayu merupakan putri dari Hashim Djojohadikusumo, adik kandung Prabowo. Wanita nan pernah berkarir sebagai presenter ini sempat terpilih menjadi personil DPR RI pada Pemilu 2014 dan menempati komisi VIII nan membidangi agama, sosial, serta pemberdayaan perempuan.

Namun, Rahayu kandas mempertahankan bangku personil majelis di periode berikutnya, dan baru dilantik kembali di periode 2024-2029.

(arn/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional