Khofifah Sebut Pancasila Spririt dan Roh Kehidupan Berbangsa

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Calon gubernur (cagub) Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa Pancasila bukan sekadar hafalan. Lebih dari itu, Pancasila adalah spirit dan roh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk itu, nilai-nilai Pancasila kudu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Khofifah meyakini, jika kelima sila dalam Pancasila betul-betul dilaksanakan, Indonesia bakal mendapatkan kekuatan besar.

"Pancasila sudah terbukti bisa menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa dari beragam ancaman intoleransi, radikalisme, dan terorisme. Seluruh sila nan ada di Pancasila seumpama menjadi penuntun gimana mengelola bangsa ini," kata Khofifah di Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (1/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Khofifah menilai, pengamalan nilai-nilai Pancasial dalam keseharian tak perlu muluk. Semua bisa dimulai lewat langkah sederhana, seperti sikap gotong royong, tolong-menolong, toleransi, saling mengerti dan menghormati, hingga musyawarah.

Khofifah(Foto: Khofifah)

"Terlihat sepele tapi itulah bentuk nyata dari Pancasila. Bukan sekadar kata-kata, tetapi kudu betul-betul dipraktikkan dalam tindakan nyata setiap harinya," katanya.

Di tengah arus globalisasi dan perkembangan teknologi saat ini, Pancasila tetap berkedudukan besar. Menurut Khofifah, meski membawa banyak akibat positif, namun tetap ada tantangan ke depannya nan tak hanya soal fisik, tapi juga ideologis

Karena itu, Khofifah mendorong generasi muda untuk betul-betul memahami dan mengamalkan Pancasila sebagai fondasi dalam menghadapi perubahan zaman.

Dirinya berharap, generasi muda dapat menghayati dan menerapkan Pancasila sebagai pedoman dalam bertindak dan mengambil keputusan, baik di ranah pribadi, sosial, maupun profesional.

"Salah satunya adalah potensi hilangnya identitas bangsa. Di sinilah Pancasila menjadi sangat relevan, lantaran dia adalah akar dan fondasi dari jati diri bangsa Indonesia. Generasi muda kudu memahami ini agar tidak tergerus oleh pengaruh luar nan bisa merusak nilai-nilai kebangsaan kita," lanjut Khofifah.

Lebih jauh, Khofifah menyampaikan, Hari Kesaktian Pancasila adalah gambaran kuat bahwa nilai-nilai luhur Pancasila selalu sukses membawa Bangsa Indonesia keluar dari segala kesulitan. Tidak hanya sebagai falsafah dan ideologi bangsa, Pancasila juga menjadi kekuatan dalam kehidupan sehari-hari.

"Peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum krusial untuk kembali merefleksikan makna dan peran Pancasila dalam menghadapi beragam tantangan kebangsaan di masa mendatang," katanya.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional