5 Daerah yang Sudah Gelar Uji Coba Makan Bergizi Gratis

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - - Uji coba Makan Bergizi Gratis telah dilakukan di beberapa daerah. Simulasi program jagoan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu mulai dilaksanakan sejak akhir Februari lalu, setelah masa pemungutan bunyi dalam Pemilihan Umum alias Pemilu 2024. 

Gibran menjelaskan, uji coba program Makan Bergizi Gratis bakal terus dilakukan hingga Oktober 2024 menjelang pelantikan. Selama uji coba itu, menurut dia, pelaksanaannya bakal menggunakan beragam skema, hingga kelak dipilih nan paling efektif. 

“Jadi, kelak jika ada nan kurang, ada nan perlu dievaluasi, bakal segera kami blow up. Kami sampai Oktober bakal mencoba beragam skema,” kata mantan Wali Kota Surakarta itu setelah meninjau uji coba di SDN Sentul 02, Bogor, Selasa, 23 Juli 2024. 

Berikut daftar wilayah nan sudah melaksanakan uji coba Makan Bergizi Gratis: 

1. Tangerang

Pada Kamis, 29 Februari 2024, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau penyelenggaraan uji coba program nan lebih dulu disebut sebagai makan siang cuma-cuma di SMP Negeri 2 Curug Tangerang, Banten. Ketua Umum Partai Golongan Karya alias Golkar itu didampingi eks Bupati Tangerang dua periode, Ahmed Zaki Iskandar dan Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony. 

“Saya diundang untuk mengecek simulasi. Sekolah ini adalah volunteer dengan pengadaan makan siang bergizi dan higienis seharga Rp 15 ribu,” kata Airlangga dalam rekaman nan diterima Tempo, Kamis, 29 Februari 2024. 

Airlangga menyebutkan, sumber biaya Rp 15 ribu per siswa tersebut berasal dari anggaran pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang. “Kenapa di sekolah ini? Karena sekolah ini nan mau menjadi volunteer,” ucap Airlangga. 

Selain di Kabupaten Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang juga berencana menggelar simulasi program Makan Bergizi Gratis (MGB) di Kota Tangerang pada 5-9 Agustus 2024. Kegiatan itu bakal menyasar 33.483 siswa di 36 sekolah. 

“Usai melaksanakan uji coba di lima sekolah hari ini, kita siap melaksanakan program Makan Bergizi Gratis pada 5-9 Agustus 2024,” ujar Pj Wali Kota Tangerang Nurdin saat memantau di SDN Sukasari 5 Kota Tangerang, Kamis, 1 Agustus 2024, seperti dikutip dari Antara. 

Adapun pada Kamis, 1 Agustus 2024, Pemkot Tangerang berbareng JW Movement lebih dulu menggelar simulasi dari uji coba aktivitas strategi dan mitigasi operasional program jagoan Prabowo-Gibran tersebut. Simulasi dari uji coba MGB dilakukan di lima sekolah nan ada di Kota Tangerang.

Selanjutnya: 2. Bogor....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis