5 Partai Nonparlemen Tinggalkan PDIP di Jatim, Resmi Usung Khofifah

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Surabaya, CNN Indonesia --

Lima partai nonparlemen di Jawa Timur dipastikan meninggalkan 'Koalisi Jatim Menang' berbareng PDI Perjuangan (PDIP) untuk kontestasi Pilgub Jatim 2024.

Sebelumnya diketahui lima partai nonparlemen itu terlibat pertemuan dengan PDIP untuk Pilgub Jatim, Minggu (25/8) lalu. Kala itu, Mereka sempat berencana membentuk koalisi mencalonkan paslon yang bakal melawan bapaslon petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

Namun lima partai nonparlemen itu ialah Partai Gelora, Partai Buruh, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), dan Partai Garuda justru kompak memberikan dukungannya kepada duet petahana Khofifah-Emil, Selasa (27/8) hari ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketua Exco PB Jatim Jazuli di Surabaya mengatakan, keputusan meninggalkan Koalisi Jatim Menang itu lantaran hingga sekarang belum ada kejelasan soal siapa calon nan bakal mereka usung berbareng PDIP.

"Tidak ada titik jumpa dan tidak ada kejelasan saat itu siapa nan bakal diusung oleh PDIP," Ketua Exco PB Jatim Jazuli di Hotel Quest Surabaya.

Partai Buruh pun telah memberikan rekomendasi dan arsip B1 KWK ke Khofifah-Emil. Pertimbangan utamanya adalah lantaran keberpihakan Ketua Umum Muslimat NU itu terhadap kaum pekerja di Jatim.

"Setelah melalui proses nan panjang obrolan dalam rapat kerja membahas bagaiamana pilihan kami, sudah tidak ada kata tidak kita wajib hukumnya mendukung Ibu Khofifah, ibunya pekerja Jatim nan selama ini berkontribusi besar terhadap kaum buruh," ucapnya.

Sementara itu Partai Gelora menyerahkan SK ke Khofifah di kediamannya, di area Jemursari, Surabaya. Ketua DPW Partai Gelora Jatim M Sirot menyampaikan, support ini didasarkan dari komitmen Khofifah pada kesejahteraan rakyat Jatim sukses membangun Jatim luar biasa.

"Kami mau menjadi bagian nan ikut berjuang memenangkan beliau dan ikut terlibat dalam pembangunan Jawa Timur. Komitmen kami dalam memenangkan Ibu Khofifah kita bakal gerakkan struktur dan kader di seluruh Jatim, kader kita bakal maksimal bergerak memenangkan Khofifah-Emil," kata Sirot.

Sedangkan Partai Bulan Bintang (PBB) menyerahkan SK pada Khofifah-Emil di Hotel Movenpick Surabaya. Kemudian tak ketinggalan, Partai Kebangkitan Nusantara dan Partai Garuda juga memberikan SK pada Khofifah-Emil.

Dengan begitu, Khofifah-Emil sudah mengantongi support 14 partai di Pilgub Jatim 2024. Yakni PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, dan Partai Garuda.

Sementara itu PKB, PDIP, dan dua partai nonparlemen lainnya ialah Partai Umat dan Partai Hanura belum menentukan sikapnya hingga sekarang untuk Pilgub Jatim 2024.

Diketahui Khofifah-Emil bakal mendaftar ke KPU Jatim besok Rabu (28/8) sekitar pukul 08.00 WIB. Pendaftaran Khofifah-Emil ke KPU bakal diramaikan dengan kirab budaya.

"Ini bakal menjadi bagian dari penguatan kelengkapan manajemen dan Insyallah besok kami bakal mendaftar ke KPU Jatim. Terima kasih lima partai non parlemen nan hari ini memberikan mandat kepada kami. Mudah-mudahan ini menjadi kekuatan untuk membangun sinergi komponen partai pengusung untuk meraih kemenangan di Pilgub," kata Khofifah. 

(frd/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional