50 Yacht dari Berbagai Negara akan Bersandar di Bali, Ramaikan Sail to Indonesia Pelindo

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) alias Pelindo bakal menghadirkan 50 perahu yacht dari beragam dalam agenda Sail to Indonesia goes to Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) di Bali, 2-4 Oktober mendatang. Rangkaian agenda itu digelar untuk memperingati HUT ke-3 Pelindo.

Ketua panitia Sail to Indonesia Goes to BMTH Kiki Mohammad Hikmat menuturkan aktivitas mendatang jadi kesempatan pertama 50 yacht itu bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali. Saat bersadar, pelancong dari beragam negara itu bakal menikmati beragam program intermezo nan telah disiapkan.

Kiki beranggapan agenda itu jadi momentum krusial bagi Indonesia untuk menunjukkan kesiapan sektor maritim nasional, terutama dalam mendukung pengembangan pariwisata maritim kelas dunia.

“Menjadi kesempatan luar biasa untuk mempromosikan destinasi pariwisata unggulan Indonesia, khususnya di sepanjang pesisir dan kepulauan nan kaya bakal budaya dan keelokan alam,” kata Kiki dalam keterangan tertulis nan diterima Tempo, Minggu, 22 September 2024.

Sebagai informasi, BMTH merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) nan diproyeksikan dapat menjadi gerbang peningkatan ekonomi Bali melalui aktivitas pariwisata bahari. PT Pelindo menjadi salah satu perusahaan nan terlibat dalam perancangan dan penataan proyek tersebut.

Iklan

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir berambisi BMTH bisa menciptakan ekosistem pariwisata di Bali dan berpotensi memberikan akibat besar nan berkontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto alias PDRB Bali hingga 2,7 kali lipat. 

“Selain itu, meningkatkan kunjungan visitor mancanegara ke Pelabuhan Benoa hingga 1,5 kali lipat dan visitor nusantara hingga 2 kali lipat," ungkap Erick Thohir dalam keterangan tertulis nan diterima Tempo, Minggu, 12 Mei 2024.

Kehadiran BMTH menjadi daya tarik visitor mancanegara melalui kapal pesiar. Pada 2023, Pelabuhan Benoa sukses menjadi tempat berlabuh bagi 48 kapal pesiar dengan arus penumpang mencapai 77 ribu orang. Hal ini menjadi indikasi potensi peningkatan kunjungan visitor baru ke Bali dari sisi laut. Selain itu, BMTH juga bakal menggaet pasar wisatawan kelas atas.

Pilihan Editor: Lowongan Kerja di LPS untuk Lebih dari 20 Jurusan S1, Cek Ketentuannya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis