51 Reptil Asal Merauke Berhasil Diamankan Sebelum Dikirim ke Bekasi

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Karantina Hewan Papua Selatan mengamankan 51 hewan reptil asal wilayah setempat dari kargo di Bandara Mopah, Kabupaten Merauke.

Kepala Karantina Hewan Papua Selatan, Cahyono mengatakan 51 reptil tersebut terdiri atas satu ekor ular sanca permata alias Morelia amethistina, lampau dua ekor ular sanca karpet alias Morelia spilota harrisoni. Lainnya adalah tujuh ekor kadal pensil burton alias dikenal dengan nama Liasis burtonis.

Lalu ada juga 30 ekor kadal soa payung dengan nama latin Chlamydosaurus kingii, enam ekor biawak kerdil dan lima ekor biawak coklat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurutnya, reptil-reptil tersebut rencananya hendak diangkut ke Jatiwaringin, Bekasi melalui jasa pengiriman.

"Betul, Minggu (15/9) kemarinada pengamanan reptil nan dimuat dalam satu karton nan di dalamnya terdapat empat boks," ujarnya seperti dilansir Antara, Senin (16/9).

Dia menjelaskan, penyelundupan reptil bermulai saat ditemukan adanya sebuah paket mencurigakan nan dikirim melalui jasa pengiriman saat melewati mesin X-ray nan dijaga oleh salah satu petugas Avsec Bandara.

"Guna memastikan isi paket tersebut petugas disaksikan perwakilan jasa pengiriman, Kopasgat Batalyon 461, serta BKSDA Wilayah I Merauke, dan perwakilan Avsec Bandara Mopahmembuka paket tersebut dan didapatkan 51 reptil nan siap kirim," katanya.

Saat ini semua reptil sudah diamankan di kandang penahanan Karantina Papua Selatan, namun pihaknya sangat menyayangkan tetap adanya oknum tidak bertanggung jawab nan mencoba menyelundupkan reptil endemik Merauke itu.

"Kami bakal terus berkomitmen memperketat pengawasan di pintu masuk dan keluar perihal ini dikarenakan kejadian seperti ini telah terjadi secara berulang," ujarnya.

(asa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional