6 Penumpang Mobil Diduga Terseret Banjir Bandang di Lembah Anai Sumbar

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Tanah Datar, CNN Indonesia --

Tim SAR campuran mencari enam orang penumpang mobil nan diperkirakan terseret banjir bandang saat melintas di area Air Terjun Lembah Anai, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Pencarian dilakukan dengan menyisir aliran sungai dari Lembah Anai hingga ke Muaro Anai di Kabupaten Padang Pariaman.

"Kita sisir dari sini sampai ke Muaro Anai nantinya. Sekitar 40 kilometer," kata Koordinator tim pencari, Donal Debra kepada CNNIndonesia.com di lokasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Donal menyebut penyisiran dilakukan dengan melibatkan golongan arung jeram.

"Kemampuan kawan-kawan ini bermanuver di aliran sungai diharapkan bisa membantu menemukan korban," katanya.

Sesuai laporan nan diterima posko, saat banjir bandang dan banjir lahar dingin terjadi pada Sabtu (11/5) malam, ada sejumlah kendaraan nan sedang melintas. Dua diantaranya adalah mobil jenis Toyota Yaris dan kendaraan travel jenis Toyota Avanza.

"Di Mobil sedan (Yaris) ada satu orang, sementara di mobil travel ada lima orang. Mereka nan kita cari," jelas Donal tanpa merinci nama para penumpang kendaraan tersebut.

Pencarian bakal dilakukan selama masa tanggap darurat. "Saat ini kita coba cari dulu selama tiga hari ke depan. Ada 80 personel nan terlibat," katanya.

Banjir bandang dan banjir lahar dingin nan berasal dari Gunung Marapi, menerjang beberapa area di Kabupaten Agam, Tanah Datar dan Padang Panjang pada Sabtu tengah malam. Tiga wilayah tersebut merupakan wilayah nan berada di kaki Gunung Marapi dan Gunung Singgalang.

Musibah pada Sabtu itu menyebabkan puluhan orang meninggal bumi dan belasan lainnya mengalami luka.

Juru Bicara BPBD Sumbar, Ilham Wahab menyebut korban meninggal saat ini berjumlah 41 orang

"Data jumlah korban memang terus bergerak, lantaran proses pencarian terus dilakukan. Hingga siang ini, jumlah korban (meninggal dunia) 41 orang," kata Ilham kepada wartawan.

"Yang dicari ada 17 orang lagi, sesuai dengan laporan orang lenyap nan masuk," tambah dia.

Selain mengakibatkan korban tewas, banjir bandang juga memutus jalan utama Padang-Bukittinggi. Kondisinya saat ini terputus total lantaran ambles di area Air Terjun Lembah Anai.

(ned/wis)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional