60 ASN Diundang Work from IKN, Diharap Bisa Tularkan Pengalaman ke Rekan Mereka

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengundang 60 Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mencoba bekerja di pusat pemerintahan baru di Kalimantan Timur itu, sehingga bisa menularkan pengalaman itu ke rekan-rekan mereka.

“Program Work From IKN (WFI) telah beberapa kali dilaksanakan sejak 2023, untuk memberi kesempatan bagi ASN merasakan pengalaman bekerja dan memandang langsung suasana pembangunan di Nusantara,” kata Sekretaris Otorita IKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya di Nusantara, Rabu, 28 Agustus 2024.

Sedangkan untuk aktivitas WFI kali ini masuk dalam Batch IV dan Batch V, berjalan di wilayah IKN selama lima hari pada 26-30 Agustus 2024. Kegiatan ini untuk memperkenalkan lingkungan kerja dan kehidupan sehari-hari di Nusantara kepada ASN nan bakal pindah ke Nusantara.

WFI ini menerapkan proses pembelajaran bagi para fasilitator, ialah penyedia nan merupakan ASN ini menggabungkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai melalui beragam pengalaman langsung di Nusantara, untuk kemudian dibagikan kepada ASN nan segera pindah ke Nusantara.

Untuk itu, diharapkan para penyedia ini dapat merasakan suasana bekerja di Nusantara sebagai sebuah proses belajar dari pengalaman dan memberikan pemahaman nan mendalam tentang Nusantara kepada rekan-rekan ASN lain.

Sementara Kepala Biro Perencanaan, Organisasi, dan Kerja Sama Otorita IKN, IGA Krisna Murti RS, nan sekaligus Ketua Panitia, menjelaskan bahwa unik untuk WFI Batch IV dan IV ini, pesertanya berasal dari para penyedia nan ditugaskan untuk memberikan pembekalan kepada ASN nan pindah ke Nusantara.

“Pelaksanaan WFI kali ini melibatkan total 60 penyedia nan terbagi menjadi dua batch, ialah Batch IV dan V nan masing-masing terdiri atas 30 fasilitator,” katanya.

Fasilitator tersebut berasal dari 16 kementerian/lembaga, di antaranya Mahkamah Agung, Komisi Yudisial, Bappenas, dan Kementerian Dalam Negeri.

Pembukaan aktivitas pada dua hari lampau dihadiri oleh Plt Kepala LAN RI Muhammad Taufiq dan Sekretaris Utama LAN RI Reni Suzanna.

Program ini diharapkan memberikan pemahaman dan pengalaman nan mendalam mengenai Nusantara, kemudian dapat menyiapkan sebaik-baiknya para ASN nan bertransisi menempati ibu kota baru Indonesia.

Basuki: IKN Lebih baik dari Jabodetabek

Iklan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyebut Ibu Kota Nusantara lebih baik daripada Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN itu juga mengatakan IKN merupakan kota mewah. 

"ASN (aparatur sipil negara) jika tidak mau pindah ke IKN, rugi," tutur Basuki dalam aktivitas ASN Talent Fest 2024 & Anugerah ASN 2023, Selasa, 27 Agustus 2024, dikutip dari kanal YouTube Kementerian PANRB. "Di Jakarta, di Jabodetabek, hidup bakal lebih susah."

Pasalnya, kata dia, waktu nan dihabiskan ASN untuk bekerja di Jabodetabek lebih panjang daripada IKN. Sebagai gambaran, pekerja berangkat kerja di Jabodetabek umumnya dimulai pukul 06.00 pagi. Namun, pulangnya bisa pukul 21.00. 

Sementara di IKN,  kata Basuki, ASN bisa berangkat ke tempat kerja hanya dengan waktu tempuh perjalanan 10 menit. Selain itu, dia mengatakan IKN mempunyai kualitas udara dan air nan baik.

"Dan itu untuk karir Anda ke depan, itu di IKN," ucap Basuki.

Pemerintah berencana memindahkan ASN ke IKN mulai September 2024. Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyebut pemindahan ASN ke IKN bakal dilakukan berjenjang sesuai penapisan kelembagaan dan kesiapan hunian.

Penapisan dilakukan untuk efektivitas dan efisiensi pemerintah. Ia pun menyampaikan prioritas pemindahan kepada Presiden Jokowi. 

“Kami sampaikan prioritasnya 179 unit eselon I dari 38 K/L (kementerian/lembaga), 91 unit eselon pada 29 K/L, dan beberapa opsi lagi,” kata Anas, Senin, 1 Juli 2024, dikutip melalui keterangan resmi. 

Pilihan Editor: Sri Mulyani Ungkap Cukai Minuman Berpemanis Tetap Jalan Tahun Depan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis