67.220 Pelanggan Gunakan Kereta Api di Daop 9 Jember selama Sepekan Libur Sekolah

Sedang Trending 5 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jember - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember mencatat 67.220 pengguna menggunakan kereta api pada masa libur sekolah sejak 24-30 Juni 2024. Dari jumlah tersebut, rata-rata perhari nan naik kereta api di wilayah Daop 9 Jember dari Pasuruan sampai Banyuwangi sebanyak 9.603 penumpang.

“Sejak dimulainya libur sekolah kenaikan kelas pada Senin, 24 Juni 2024, rata-rata penumpang perhari di Daop 9 Jember sekitar 9.000 an termasuk pada saat weekday. Jumlah tersebut meningkat dibanding weekday sebelum libur sekolah nan hanya melayani 6-8 ribu pengguna sehari,” kata Cahyo Widiantoro, Manager Hukum dan Humasda KAI Daop 9 Jember melalui keterangan tertulis nan dikutip Tempo, Selasa, 2 Juli 2024.

Cahyo menambahkan, dari total 67.220 pengguna selama sepekan libur sekolah tersebut, ada peningkatan 25 persen dibanding pekan pertama dari tanggal 3-9 Juni, nan hanya melayani 53.617 penumpang. “Minggu, 30 Juni 2024, sebanyak 9.970 pengguna menggunakan kereta api dari wilayah Daop 9 Jember menuju beberapa kota tujuan dan jumlah tersebut tetap bakal bertambah,” imbuh Cahyo.

Selama sepekan terakhir, nyaris semua tiket kereta api keberangkatan Daop 9 Jember telah terjual. Bagi pengguna nan bakal berjalan dengan kereta api selama libur sekolah, dapat mengecek kesiapan tiket secara berkala dan juga melakukan pemesanan tiket melalui apikasi Access by KAI ataupun web kai.id

Agar perjalanan liburan menggunakan kereta api semakin berkesan, para pengguna juga dapat melakukan wisata kuliner makanan unik dari setiap wilayah nan disinggahi sepanjang perjalanan dengan memesan makanan melalui menu Railfood nan terdapat pada aplikasi Access by KAI alias mengunjungi kereta makan nan biasanya berada di antara kereta penumpang.

Iklan

Di beberapa stasiun pemberhentian kereta api, juga terdapat peta wisata dan juga pilihan transportasi lanjutan dari stasiun menuju obyek wisata terdekat. Sehingga perjalanan liburan semakin mudah dan menyenangkan dengan kereta api. “Dengan kenyamanan, kemudahan, penemuan dan kerjasama nan dihadirkan KAI baik di kereta maupun di stasiun, menjadikan kereta api sebagai solusi ekosistem transportasi nan baik dalam setiap perjalanan” tutup Cahyo.

Pilihan editor: KAI Usul Penambahan PMN Rp 2 Triliun untuk Pengadaan KRL

DAVID PRIYASIDHARTA

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis