740 Ribu AgenBRILink Catatkan Volume Transaksi Rp1,4 Kuadriliun Selama 2023

Sedang Trending 6 bulan yang lalu

INFO BISNIS – Kebutuhan finansial bagi masyarakat di area pelosok Indonesia semakin tinggi seiring pemerataan dan inklusi nan menjadi tujuan bersama. Sebab itu peran pemasok bank semakin signifikan dalam menyediakan akses dan jasa finansial umum bagi nasabahnya.

Kenyataan tersebut menjadi tanggung jawab bagi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI melalui kehadiran AgenBRILink di seluruh penjuru negeri terutama wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal). Tak ayal, selama tahun 2023, tercatat peningkatan signifikan baik dari jumlah pemasok maupun volume transaksi.

Gambarannya, mengawali tahun 2023, AgenBRILink berjumlah lebih dari 627 ribu agen, sampai pada akhir Desember 2023 jumlah AgenBRILink menjadi lebih dari 740 ribu agen. Artinya sebanyak lebih dari 100 ribu pemasok baru bertambah selama 2023. 

Jumlah ini juga melampaui sasaran nan telah ditetapkan BRI pada awal tahun. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama BRI Sunarso nan menargetkan penambahan jumlah AgenBRILink sebanyak 25 ribu pemasok di akhir 2023. Pada nyatanya, jumlah pemasok bertambah 5 kali lipat dari nan ditargetkan.

Pencapaian gemilang juga terwujud dalam volume transaksi AgenBRILink selama 2023. Sebanyak lebih dari Rp1,4 Kuadriliun alias tepatnya Rp1.427 triliun terjadi selama periode ini. Meningkat lebih banyak dari periode tahun 2022 ialah Rp1,3 kuadriliun.

“Angka dahsyat ini menunjukkan komitmen BRI dalam mengakselerasi akses produk perbankan di masyarakat. Di sisi lain, perihal ini juga menunjukkan pemerataan transformasi finansial bagi masyarakat wilayah lantaran proses upaya di AgenBRILink adalah hybrid atau condong digital,” ucap Sunarso.

Iklan

Sunarso menambahkan, Hybrid bank atau perpaduan pengembangan digitalisasi di perbankan sembari terus menyediakan jasa konvensional menjadi strategi BRI. Mengingat, konsentrasi BRI nan membidik sektor informal hingga upaya mikro melalui Holding Ultra Mikro.

Strategi ini dianggap Sunarso sebagai keberhasilan untuk meningkatkan akses masyarakat di wilayah terhadap produk perbankan. Kedepannya, BRI dan BRI group bisa membuka kesempatan baru bagi produk lainnya selain dari tabungan. "Maka kita kembangkan hybrid bank, kita digitalkan core-nya, ekosistemnya kita rangkai secara digital, dan digital proposition-nya kita perkuat," sambung Sunarso.

Dalam pelaksanaannya, AgenBRILink selalu siap melayani kebutuhan masyarakat sekalipun dalam periode hari libur. Hadirnya AgenBRILink juga dapat memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui fitur-fitur nan sudah disediakan. Fitur-fitur nan dapat dinikmati meliputi pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan jasa referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, serta transaksi lainnya.

Belum lagi adanya pengembangan fitur AgenBRILink sebagai bentuk memaksimalkan jasa untuk seluruh kebutuhan masyarakat. Kini melalui AgenBRILink, masyarakat sudah bisa melayani penjualan asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, pembelian voucher games, serta melayanai kebutuhan perjalanan dengan jasa pembelian tiket bus, shuttle dan ferry.(*)

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis