8 Cara Sukses Bisnis Inovatif dan Kreatif Ala Mie Gacoan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Restoran Mie Gacoan menjadi salah satu rumah makan penyedia masakan mi paling terkenal saat ini. Bahkan, upaya kuliner milik Harris Kristanto itu disebut-disebut sebagai pionir mi pedas nomor wahid di Indonesia. Ibarat, ingat mi pedas ingat Mie Gacoan.

Mie Gacoan memang berkembang pesat dalam 7 tahun belakangan dan sukses mencuri perhatian para pecinta makanan pedas di Indonesia. Tercatat puluhan bagian telah didirikan di sejumlah kota di Indonesia dengan mempekerjakan 3 ribuan karyawan.

Lantas apa kunci sukses upaya Mie Gacoan nan punya tagline "Restauran Mi Pedas No.1 di Indonesia" ini?

Dilansir dari situs Ukmindonesia.id, laman info berbasis organisasi bagi UMKM, salah satu aspek kesuksesan dari Mie Gacoan adalah strategi upaya nan imajinatif dan inovatif dalam menghadapi persaingan pasar nan ketat. Sedikitnya ada delapan strategi imajinatif dan inovatif nan bisa dicontoh dari Mie Gacoan untuk menjalankan bisnis.

Berikut delapan strategi upaya tersebut:

1. Menjual produk unik

Produk unik adalah salah satu aspek Mie Gacoan menjadi populer. Masakan mi adalah perihal lazim. Tetapi lantaran ada sisi uniknya, olahan mi nan ditawarkan Mie Gacoan justru laku dan banyak peminatnya. Hal ini lantaran restauran tersebut menghadirkan beragam jenis rasa nan berbeda dari mi instan biasa, seperti rasa pedas, ayam bakar, rendang, dan lain-lain.

Selain itu, Mie Gacoan juga menghadirkan menu unik nan namanya bisa menimbulkan rasa penasaran konsumen, seperti Mie Gacoan Super Pedas, Mie Setan, hingga Mie Iblis. Ketiganya terbukti menjadi menu jagoan dan favorit di kalangan fans makanan pedas.

2. Desain gerai menarik

Apa nan ada di akal Anda saat membayangkan warung mi instan? Barangkali meja dan bangku ala kadarnya. Berbeda di Mie Gacoan. Restauran mempunyai kreasi gerai nan menarik, didominasi warna merah dan hitam mencolok, sehingga mudah dikenali pengguna dan pengguna jalan.

Selain itu, Mie Gacoan juga menggunakan kreasi interior modern dengan lampu kekinian dan hiasan tembok mural nan kreatif. Hal itu membikin gerai menjadi tempat nan menarik untuk dikunjungi dan menjadi tempat nan cocok untuk bersantai berbareng kawan alias keluarga.

3. Harga terjangkau dan promo

Banyak konsumen mengurungkan niat membeli lantaran harganya barangkali terlalu mahal. Berbeda dengan Mie Gacoan, meski menawarkan menu nan unik dengan kreasi gerai kekinian, nilai semangkuk Mie Gacoan tetap terjangkau dan bisa bersaing dengan restauran mi lain.

Mie Gacoan memberikan nilai relatif murah ialah berkisar antara Rp9.500 hingga Rp10.500. Selain itu, Mie Gacoan juga mengadakan beragam promo menarik untuk produk baru nan diluncurkan, seperti potongan nilai alias potongan harga.

Iklan

4. Menu baru nan menarik

Mie Gacoan selalu menghadirkan menu baru nan inovatif dan menarik bagi konsumen. Hal ini membikin konsumen selalu penasaran dan mau mencoba menu-menu baru tersebut. Konsumen merasa tertarik untuk mencoba menu nan unik dan berbeda ini, sehingga memperluas jangkauan pasar mereka.

5. Manfaatkan media sosial 

Media sosial seperti Instagram, Facebook, dan YouTube menjadi salah satu media nan dapat digunakan untuk memperkenalkan suatu produk kepada massa. Hal itulah nan dilakukan Mie Gacoan untuk memperkenalkan produk dan mempromosikan gerai-gerainya. Salah satunya dengan mengadakan konten-konten menarik di media sosial, seperti giveaway alias challenge nan melibatkan konsumen.

6. Bekerja sama dengan beragam pihak

Dalam menjalankan bisnisnya, Mie Gacoan berani mengambil kesempatan dan bekerja sama dengan produsen makanan lainnya untuk mengembangkan menu kerjasama nan menarik. Selain itu, Mie Gacoan juga bekerja sama dengan beragam event dan pagelaran kuliner untuk memperkenalkan mereknya kepada lebih banyak orang.

7. Tingkatkan pelayanan

Produk menarik tak cukup menjadi modal sukses suatu bisnis. Sebab, pelayanan baik juga berpengaruh terhadap konsumen. Karena itu Mie Gacoan selalu memperhatikan pelayanan nan baik kepada pembeli. Para tenaga kerja dilatih untuk memberikan pelayanan nan ramah dan baik kepada konsumen. Hal ini membikin konsumen merasa dihargai dan senang berjamu ke gerai Mie Gacoan.

8. Kolaborasi

Salah satu jalan sigap menggapai calon pembeli adalah dengan bekerja-sama dengan selebriti alias influencer. Para pegiat media sosial mempunyai banyak jumlah pengikut nan berkemungkinan bisa menjadi audience promosi produk Anda. Berkolaborasi dengan mereka bisa menjadi alternatif. Tak kudu influencer terkenal, Anda bisa bekerja sama dengan pegiat media sosial di kota Anda.

Dalam menjalankan bisnisnya, Mie Gacoan memang melakukan kerjasama dengan selebriti dan influencer di media sosial. Mereka membujuk selebriti untuk mencoba menu Mie Gacoan dan mengunggahnya di akun media sosial mereka. Kolaborasi ini sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas dan memperluas jangkauan pasar. Kredibilitas brand juga jadi terangkat lantaran didukung oleh nama-nama terkenal.

Pilihan Editor: Jadi Pionir Mi Pedas, Siapa Harris Kristanto di Balik Sukses Mie Gacoan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis