Ditanya soal Groundbreaking di IKN Sebelum Lengser, Jokowi: Kalau Memang Ada, Ya Saya Datang Lagi

Sedang Trending 1 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Jokowi angkat bicara soal rencana melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama kembali di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum dirinya lengser. Ia menyebut kedatangannya ke ibu kota baru untuk melakukan groundbreaking itu jika memang ada undangan dari Kepala Otorita IKN sebelumnya.

"Ya terserah Kepala OIKN, jika memang ada, ya saya datang lagi," ujar Jokowi usai membuka Nusantara TNI Fun Run di IKN, Kalimantan Timur, Ahad, 6 Oktober 2024, seperti dikutip dari Antara.

Kepala Negara pun meminta wartawan agar menanyakan soal kemungkinan ada tidaknya groundbreaking itu, termasuk siapa saja investornya kepada Kepala OIKN. "Iya tanya kepala OIKN."

Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN nan juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyebut pada tanggal tanggal 10 alias 11 Oktober 2024, rencanaya Presiden bakal kembali ke IKN untuk meresmikan gedung pusat training PSSI.

Di sela-sela peresmian akomodasi itu, kata Basuki, pihaknya bakal mengupayakan ada groundbreaking. "Sekarang sedang difinalkan mana-mana saja nan sudah siap untuk di-groundbreaking," kata Basuki.

Iklan

Sejauh ini, menurut Basuki, nilai investasi nan ditanamkan di IKN nan tidak berasal dari APBN sudah mencapai Rp 58,4 triliun.

Basuki menjelaskan, selama ini pemerintah terus membuka segala sektor investasi untuk masuk, terutama logistik untuk mendorong keramaian di ibu kota baru itu. Khususnya ihwa pembangunan kediaman bagi aparatur sipil negara (ASN), Basuki menyampaikan pada akhir Oktober bakal terdapat 13 tower yang siap untuk dihuni.

Pilihan Editor: Keppres Pemindahan Ibu Kota ke IKN, Jokowi Sebut Sepatutnya Prabowo nan Menandatangani

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis