Absen Rakernas PDIP, Jokowi Asyik Ajak Cucu Naik Andong di Malioboro

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berlibur dengan family di Jawa Tengah saat PDIP menggelar rapat kerja nasional (rakernas) di Jakarta.

Jokowi membujuk istrinya, Iriana, ke Candi Borobudur, Magelang. Dia juga membujuk sejumlah cucunya untuk berpiknik berbareng di akhir pekan.

"Bersama Presiden adalah Ibu Iriana, anak pertamanya, Gibran Rakabuming Raka beserta istrinya Selvi Ananda, dan kedua cucu Presiden, Jan Ethes Srinarendra serta La Lembah Manah," dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Sabtu (25/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam foto-foto nan dibagikan di situs resmi kepresidenan, Jokowi tampak membujuk cucu-cucunya memandang situs warisan bumi itu. Jan Ethes dan adik-adiknya terlihat antusias memandang relief di tembok Candi Borobudur.

Kehadiran Jokowi berbarengan dengan waktu para visitor umum mengunjungi Borobudur. Warga nan berada di sana pun menyambut presiden dan family dengan antusias.

Ethes dan adik-adiknya juga tampak mendengarkan penjelasan dari Heri Setiawan, pemandu dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Jan Ethes terlihat melontarkan senyum dan lambaian tangan ke barisan penduduk nan dia temui.

"Surprise banget. Tadi kita lihat ada rombongan pejabat, tapi kan mobilnya mobil Presiden, rupanya beliau nan datang," kata Alif, seorang visitor Candi Borobudur asal Makassar.

Jokowi juga tertangkap kamera menemani cucu-cucunya berkeliling menaiki andong alias delman keliling Malioboro pada Jumat (24/5) malam.

Mengutip dari Antara, Jokowi dan dua cucunya itu mulai naik delman dari Istana Kepresidenan Yogyakarta. Mereka lampau menuju Jalan Reksobayan, Jalan Jogonegaran, hingga Jalan Malioboro.

Sebelumnya, Jokowi bermalam di Istana Kepresidenan Jakarta akhir pekan ini. Pagi tadi, dia membujuk Jan Ethes bersepeda di Yogyakarta.

Kepergian Jokowi ke Yogyakarta menjadi sorotan lantaran pada waktu bersamaan, PDIP menggelar rakernas di Jakarta. Jokowi tak ikut dalam perhelatan tahunan partainya itu.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyiratkan PDIP tak mengundang Jokowi sebagai corak kekecewaan atas penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menegaskan Jokowi tetap menghormati PDIP meskipun tak diundang dalam rakernas.

"Diundang alias tidak, Presiden selalu hormati dan ucapkan terima kasih," ungkap Ari saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (17/5).

Kerenggangan hubungan Jokowi dengan PDIP memang diketahui publik sejak Pilpres 2024.

Sebelumnya, Jokowi dikenal sebagai kader PDIP berbareng anak dan menantunya, Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution. Hingga akhirnya mereka disebut pisah jalan sejak Pilpres 2024, di mana Gibran memilih menjadi cawapres mendampingi Prabowo Subianto.

Padahal, Gibran berstatus sebagai kader PDIP. PDIP telah menyatakan support terhadap Ganjar Pranowo dan Mahfud MD saat itu. Sejak itu, PDIP kritis terhadap segala kebijakan pemerintahan Jokowi. 

Sementara itu, Bobby sekarang sudah menjadi kader Gerindra dan berhasrat untuk ikut Pilgub Sumut 2024.

(dhf/rds)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional