ACE Hardware Pamit, Pengaruh Tren Pasar hingga Perjanjian Lisensi Tak Berlanjut

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Toko perkakas rumah tangga terbesar di bumi ACE Hardware bakal pamit dari Indonesia, pada 31 Desember 2024. Penutupan itu dilakukan setelah pemegang lisensinya PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk tidak melanjutkan perjanjian dengan ACE Hardware International Holdings, Ltd. setelah menjalin kerja sama 29 tahun.

"Hal ini sejalan dengan konsentrasi dan rencana pengembangan upaya perusahaan di masa mendatang untuk menjawab tren pasar dan preferensi konsumen nan terus berevolusi," keterangan siaran pers PT Aspirasi nan dikutip dari Informasi Keterbukaan Bursa Efek Indonesia, 3 September 2024.

Tentang ACE Hardware

ACE Hardware salah satu jaringan ritel perangkat keras dan perlengkapan rumah. Perusahaan ini didirikan oleh golongan pengusaha di Chicago, Amerika Serikat, pada 1924. 

ACE Hardware berkembang dari kooperatif mini menjadi jaringan ritel perangkat keras internasional nan menawarkan beragam produk untuk kebutuhan rumah, kebun, perkakas, dan perbaikan rumah.

ACE Hardware mempunyai lebih dari 5 ribu toko nan tersebar di lebih dari 60 negara di seluruh dunia. Mereka mempunyai kehadiran dunia nan signifikan, dengan banyak letak di Amerika Serikat dan beragam negara internasional.

ACE Hardware dikenal sebagai 'The Helpful Place'. Toko-tokonya menawarkan beragam produk, termasuk perangkat pertukangan, perangkat keras, peralatan rumah tangga, cat, perlengkapan kebun, furnitur outdoor, dan aksesori lainnya. Setiap toko ACE Hardware mempunyai penawaran nan disesuaikan dengan kebutuhan lokal komunitasnya.

ACE Hardware Indonesia

Di Indonesia, ACE Hardware berlindung di PT ACE Hardware Indonesia Tbk, di Karawaci nan dibuka sejak tahun 1995. ACE Hardware Indonesia telah berkembang hingga mempunyai lebih dari 228 gerai di 52 kota di seluruh Indonesia. 

Toko ACE di Indonesia menawarkan konsep 'The Largest Home Improvement & Lifestyle Store' dengan produk nan mencakup beragam kebutuhan rumah tangga dan style hidup berkualitas. ACE Hardware Indonesia mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2007.

Iklan

Pada 2018, ACE membuka ACE Xpress gerai dengan luas kurang dari 1.000 meter persegi. ACE Xpress menjadi tempat berbelanja berfokus konsumen di area perumahan dengan menawarkan produk kebutuhan sehari-hari.

Pada 13 Agustus 2022, ACE mempunyai total 18 toko ACE Xpress nan tersebar di beragam wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan Palembang. ACE Living World Alam Sutera merupakan flagship store ACE Hardware Indonesia. 

Hardware telah mendapat beragam penghargaan, antara lain WOW Brand 2022, Indonesia Digital Innovation Awards 2022, dan Service Quality Awards. Ada juga penghargaan Indonesia's Best Managed Companies 2022, TrenAsia ESG Excellence 2022, dan Mata Lokal Award 2023.

Perubahan Nama

Seiring dengan perubahan nama perusahaan nan disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 7 Juni 2024 menjadi PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (AHI) (ACES), manajemen memutuskan untuk tidak melanjutkan perjanjian lisensi dengan ACE Hardware International Holdings, Ltd. nan bakal berhujung pengujung 2024.

Direktur PT AHI Gregory S. Widjaja mengatakan, keputusan itu sejalan dengan konsentrasi dan rencana pengembangan upaya PT AHI pada masa mendatang untuk menjawab tren pasar dan preferensi konsumen nan terus berevolusi. 

“Perusahaan optimis dapat melangkah lebih jauh menciptakan pertumbuhan upaya nan lebih relevan dan berkelanjutan, serta meningkatkan pengalaman berbelanja pengguna menjadi sumber inspirasi untuk kehidupan nan lebih baik,” katanya di Jakarta melalui keterangan tertulis, Selasa, 27 Agustus 2024.

BAGUS PRIBADI | YUDONO YANUAR | ACE HARDWARE

Pilihan Editor: Perjalanan ACE Hardware, Tak Lagi di Indonesia Setelah 31 Desember 2024

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis