Ada Bali Airshow 2024, InJourney Airports Sesuaikan Jadwal Penerbangan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) menyesuaikan agenda penerbangan sehubungan dengan adanya pameran Bali International Airshow 2024 selama 18–21 September. InJourney Airports memastikan operasional kebandarudaraan dan pelayanan kepada pengguna jasa airport secara umum di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali tetap optimal.

Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi mengaku telah berkoordinasi dengan beragam pemangku kebijakan terkait. Dia juga telah menyiapkan skenario penyesuaian operasional penerbangan dan pelayanan pengguna jasa bandara. “Kami berkomitmen menyukseskan penyelenggaraan event akbar ini,” ucapnya dalam keterangan tertulis nan dikutip Jumat, 20 September 2024.

Ihwal pengaturan operasional penerbangan komersial reguler nan terdampak window time alias waktu aktivitas flying display, InJourney Airports telah berkoordinasi dengan maskapai penerbangan untuk melakukan penyesuaian agenda penerbangan.

Pada 18-21 September 2024 bakal dilaksanakan 4 sesi flying display oleh tim aerobatik setiap harinya, dengan lama 20 menit per sesi. Sosialisasi kepada calon penumpang juga telah dilaksanakan untuk mengantisipasi perubahan agenda penerbangan, serta sebagai mitigasi kepadatan calon penumpang di terminal.

Untuk alokasi slot penerbangan, InJourney Airports melakukan pengaturan pembatasan waktu pelayanan darat pesawat udara alias ground time, dengan ketentuan ground time pesawat berbadan sedang (narrow body) maksimal 45 menit, serta pesawat berbadan lebar (wide body) maksimal 180 menit.

Pengaturan ground time nan didasarkan atas Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SE 04 DJPU 2024 tersebut ditujukan untuk mengoptimalkan waktu operasional setiap penerbangan, serta untuk antisipasi kepadatan penumpang.

Iklan

InJourney Airports juga berkoordinasi dengan AirNav Indonesia dalam pengaturan lampau lintas penerbangan serta penggunaan ruang udara, sehingga meminimalkan akibat terhadap penerbangan komersial reguler.

Sedangkan untuk pengaturan lampau lintas darat di sekitar bandara, InJourney Airports mendapat support dari Kepolisian Daerah Bali melalui skenario rekayasa lampau lintas untuk mengurangi potensi penumpukan arus kendaraan di jalan akses Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Bali International Airshow 2024 dilaksanakan di area apron selatan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, termasuk di General Aviation Terminal (GAT). Untuk penyelenggaraan pada 18-20 September 2024 berkarakter non-public serta diperuntukkan untuk aktivitas eksibisi dan high-level discussion, sedangkan untuk penyelenggaraan pada 21 September bakal dibuka untuk masyarakat luas. 

“Kami senantiasa mengimbau kepada calon pengguna jasa bandara untuk terus memperbaharui info dan agenda penerbangan, serta untuk datang di airport lebih awal guna mengantisipasi antrian dan kepadatan,” lanjut Faik Fahmi.

Pilihan Editor: Jalan Tol Jogja-Solo Resmi Beroperasi, Jasamarga Alihkan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis