Ada Raffi Ahmad dalam Kepengurusan Kadin Versi Munaslub Anindya Bakrie, Ini Bisnis dan Jalan Politiknya

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Artis kenamaan, Raffi Ahmad nan mengawali kariernya sebagai pembawa aktivitas musik dari Dahsyat di RCTI sekarang didapuk menjadi Wakil Ketua Umum alias Waketum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Terpilihnya Raffi Ahmad dari hasil Munaslub secara resmi nan menetapkan artis 37 tahun tersebut untuk menjabat di periode 2024-2029. Raffi didapuk sebagai Waketum Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Terima kasih pastinya kepada Pak Anindya Bakrie selaku Ketua Umum nan sudah mempercayakan kami, di sini saya Raffi Ahmad dan Pak Bobby, kami percayakan, jika saya sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Raffi.

Pengumuman kepengurusan Kadin 2024-2029 tersebut dilakukan di Menara Kadin Indonesia dan disaksikan langsung oleh Ketua Umum Kadin Anindya Bakrie serta sejumlah personil Kadin lainnya.

Profil Raffi Ahmad

Nama Raffi Ahmad tidak asing di telinga orang Indonesia. Dia adalah salah satu artis kenamaan nan terkenal dengan pembawaannya nan humble dan perjuangannya sejak usia muda nan mengantarkannya pada kesuksesan. Raffi mengawali pekerjaan sebagai pembawa aktivitas dalam program musik Dahsyat RCTI.

Perjuangan Raffi untuk meraih kesuksesan di bumi intermezo Tanah Air tidak mudah. Suami Nagita Slavina tersebut menerangkan dalam salah satu unggahan di Instagramnya, bayaran pertama nan diterimanya sebagai pemain sinetron kala itu sebesar Rp 500 ribu. Kerja keras nan dilakukannya secara konsisten membuahkan hasil. Kini, nama Raffi Ahmad dikenal luas, dirinya juga ditawari menjadi presenter, bermain di situasi komedi (sitkom), membintangi sinetron dan film.

Tidak hanya sukses di bumi hiburan, Raffi mencoba peruntungannya dengan merambah bumi upaya dan politik Indonesia. Telah banyak kesempatan upaya nan dicoba oleh artis kelahiran Bandung tersebut. Mulai dari rumah produksi, upaya fashion seperti RA Jeans, kuliner nan mendirikan beberapa restoran, kafe, serta produk makanan kecil, hingga produk kecantikan. Selain itu, Raffi juga mengakuisisi klub sepakbola bagian II Liga Indonesia berjulukan Cilegon United FC nan kemudian diubah menjadi RANS Cilegon. Dirinya bekerja sama dengan Rudy Salim nan dikenal sebagai pengusaha mobil mewah.

Raffi dan Nagita keduanya mendirikan perusahaan berjulukan Rans Entertainment. Perusahaan ini mempunyai segelintir upaya nan dibidangi, seperti Musik Rans, PoweRANSgers, Studio Animasi RANS, RANS E-Sport, Toko Mama Gigi oleh Nagita Slavina, Mylk, Kebun Binatang RANS, Klub Sepakbola RANS Cilegon, dan Basket RANS PIK.

Iklan

Selain itu, nama Rans Entertainment ini juga digunakan untuk channel YouTube mereka nan sekarang mencapai puluhan juta pelanggan. Melalui konten YouTube, Raffi kerap membagikan konten-konten keseharian dirinya berbareng family nan dilakukan ketika bekerja maupun liburan bersama.

 Di bumi politik Tanah Air, Raffi Ahmad dikenal dekat dengan beberapa tokoh politik Indonesia, seperti Erick Thohir, Kaesang, Gibran, Prabowo, hingga Presiden Jokowi. Di lain kesempatan, artis kelahiran Bandung ini pernah membagikan momen ketika dirinya berbareng istri, Nagita Slavina, Jokowi, dan Prabowo tengah makan di warung bako di Bandongan, Magelang, Jawa Tengah pada Januari 2024. Selain kedekatan dirinya dengan tokoh politik Indonesia, Raffi pun ditunjuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Andra Soni-Dimyadi untuk Pilkada Banten 2024.

Lalu, belum lama ini juga, Raffi Ahmad telah menerima gelar Doktor Honoris Causa (Dr. HC) alias ahli kehormatan dari Universal Institute of Professional Management alias UIPM di Thailand pada Jumat, 27 September 2024.

Nama UIPM ramai diperbincangkan warganet setelah gelar Doktor nan diterima Raffi Ahmad tersebut. Banyak dugaan nan mempertanyakan nilai keabsahan UIPM sebagai lembaga perguruan tinggi lantaran terdapat beberapa kejanggalan. Menanggapi tuduhan tersebut, UIPM memberikan penjelasan melalui unggahan di akun IG mereka pada Selasa, 1 Oktober 2024. Dalam pernyataannya, UIPM menegaskan bahwa gelar honoris causa nan diberikan kepada Raffi Ahmad sudah sah sesuai peraturan. Mereka juga menakut-nakuti orang-orang nan dianggap menyebarkan tuduhan alias pencemaran nama baik. 

Meskipun demikian, UIPM diketahui belum mengantongi izin operasional di Indonesia. Berdasarkan investigasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), tim investigasi tidak menemukan adanya aktivitas operasional perguruan tinggi maupun instansi UIPM.

HAURA HAMIDAH I  INGE KLARA SAFITRI I ANTARA 

Pilihan Editor: Selain Raffi Ahmad, Ini Sederet Influencer Pendukung Jokowi

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis