Ade Sumardi Klaim Tetap Jadi Cawagub Airin di Pilgub Banten

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Serang, CNN Indonesia --

Ade Sumardi, bakal calon wakil gubernur (cawagub) sekaligus Ketua DPD PDIP Banten, mengaku tidak mengundurkan diri pada kontestasi Pilgub Banten 2024.

Ia menegaskan tetap bakal mendaftar ke KPU Banten mendampingi bakal calon gubernur (cagub) Golkar Airin Rachmi Diany.

Ade mengaku telah mendapatkan surat penugasan dari DPP PDI Perjuangan untuk melakukan konsolidasi dengan internal partai dan Airin Rachmi Diany di Pilgub Banten 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya diberikan tugas partai sebagai Bacawagub Banten berasas surat penugasan nomor 2930 per tanggal 14 Juni 2024. Itu langsung penugasan kepada Ibu Airin dan Ade Sumardi," ujar Ade Sumardi, di instansi DPD PDI Perjuangan Banten, Selasa, (13/8).

Mantan Wakil Bupati Lebak dua periode itu mengatakan bahwa penarikan surat pengunduran diri sebagai personil DPRD Banten terpilih di KPU Banten lantaran ada sistem internal partai politik nan belum selesai.

Berbekal surat tugas dari DPP PDIP, dia terus mensosialisasikan diri ke masyarakat, serta berkonsolidasi dengan Airin Rachmi Diany untuk Pilgub Banten 2024.

Bahkan dirinya sangat yakin, Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi bisa mendaftar ke KPU Banten dan ditetapkan sebagai pasangan calon Gubernur dan Wagub Banten 2024 melawan Andra Soni-Dimyati Natakusumah.

"Kami terus maju, tidak ada opsi lain, kan surat tugas DPP Partai sudah jelas maka itu nan kami laksanakan. Kami turun ke masyarakat dasarnya dari surat penugasan itu, surat DPP nomor 2930 pertanggal 14 Juni 2024," jelasnya.

Mengenai mundurnya Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar, Ade Sumardi enggan berkomentar. Meski bakal ada pergantian pucuk ketua di partai beringin, dirinya sangat percaya bakal tetap bisa mendampingi Airin Rachmi Diany.

"Itu bukan ranah kami, tapi saya optimis Airin-Ade Insya Allah maju di Pilgub Banten," tuturnya.

Sebelumnya Ade Sumardi dilaporkan menarik kembali surat pengunduran diri sebagai personil DPRD Banten terpilih nan sudah diserahkan ke KPU Banten. Salah satu syarat maju di Pilgub Banten 2024 ialah mengundurkan diri sebagai personil legislatif.

Anggota KPU Banten M. Ali Zaenal Abidin, di Serang, Minggu, membenarkan batalnya Ade Sumardi mengundurkan diri sebagai caleg DPRD Banten terpilih usai dilakukan penjelasan atas surat pemberitahuan pengunduran diri nan diajukan DPD PDIP Provinsi Banten.

Ali mengatakan usai penjelasan dan menyatakan bahwa Ade Sumardi mencabut surat pemberitahuan pengunduran diri, pihak PDIP juga telah melayangkan surat resmi mengenai penarikan surat pemberitahuan pengunduran diri Ade Sumardi.

Sementara itu, salah satu caleg DPRD Banten nan terpilih lainnya ialah Andra Soni tetap mengusulkan pengunduran diri sebagai caleg terpilih.

Ada dua caleg terpilih nan mengundurkan diri lantaran bakal maju di Pilgub Banten ialah Andra Soni dari Partai Gerindra dan Ade Sumardi dari Partai PDIP.

(ynd/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional