Adik Pj Bupati Nagan Raya Dilantik Jadi Pejabat, Pemkab Klarifikasi

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 02 Jun 2024 20:00 WIB

Adik dari Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas dilantik jadi pejabat Pembkab diklaim sudah sesuai pengarahan Mendagri Tito. Ilustrasi adik Pj Bupati dilantik jadi pejabat Pemkab di Aceh. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Jakarta, CNN Indonesia --

Adik dari Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Aceh, Fitriany Farhas, Heriadi Farhas dilantik jadi Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPKDM) Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Irhas mengklaim pelantikan nan sudah digelar pada bulan Mei lampau itu telah mendapatkan rekomendasi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

"Sehingga kemudian pemerintah wilayah melantik nan bersangkutan," kata Irhas mengutip Antara, Minggu (2/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Irhas membenarkan bahwa Heriadi Farhas merupakan adik kandung dari Fitriany Farhas nan saat ini menjabat sebagai Penjabat Bupati Nagan Raya, Aceh.

Menurutnya, pelantikan Heriadi merupakan penugasan dari Pemerintah Kota Banda Aceh untuk menjabat sebagai Kabag Umum Sekdakab Nagan Raya.

Atas dasar itu, Irhas mengklaim pelantikan adik Pj Bupati tidak melanggar patokan dan sistem pelantikan pejabat pemerintah di daerah.

Heriadi sebelumnya bekerja sebagai Kepala Bidang (Kabid) di Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Kota Banda Aceh.

Publik baru-baru ini juga sempat dibuat gempar dengan Wali Kota Medan, Bobby Nasution yang sempat mengangkat sang om Benny Sinomba Siregar menjadi Plh (Pelaksana Harian) Sekda Medan. Menurut Bobby, pamannya ditunjuk menjadi Plh Sekda Medan lantaran kepepet.

Mantu Presiden RI Jokowi itu mengatakan saat itu dirinya telah mengusulkan masa libur kerja. Sedangkan proses pengajuan Pj Sekda memerlukan sistem persetujuan dari Pj Gubernur Sumatera Utara.

"Penunjukkan Plh kemarin itu lantaran masa libur saya mepet lantaran pak Wiriya (Sekda Medan) dilantik sebagai Pj Bupati Deli Serdang Senin (22/4/2024). Saya kudu berangkat, libur kemarin. Jadi menunjuk Plh untuk menunggu pengajuan Pj itu kudu ada dari pak Gubernur," kata Bobby usai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Penjabat (Pj) Sekda Kota Medan di Kantor Pemko Medan, Senin (13/5).

Bobby mengatakan bahwa penunjukan pamannya menjadi Plh Sekda Medan sudah melewati beragam tahapan.

"Dia (Benny) om saya. Di sini manggil om tulang (bahasa batak). Beliau sebelum saya jadi wali kota juga sudah dinas di Pemko Medan dan beliau juga sudah menjalani ketua OPD juga sesuai dengan tahapan-tahapannya dan sesuai. Dan penunjukan beliau kemarin sudah disampaikan pak Wakil Wali Kota Medan," ungkapnya.

(antara/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional