Kantor Rekrutmen Kerja Digeruduk Pelamar, Tuntut Uang Kembali

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 02 Okt 2024 18:28 WIB

Kanit Reskrim Polsek Kebayoran Lama, AKP Ivo Amelia mengatakan para pelamar kerja meminta duit mereka dikembalikan. Sebuah instansi rekrutmen kerja nan berlokasi di Jalan Ciledug Raya, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan digeruduk oleh para pelamar pada Selasa (1/10) sekitar pukul 10.00 WIB. Ilustrasi (CNN Indonesia/Ramadhan Nur Fadillah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah kantor rekrutmen kerja nan berlokasi di Jalan Ciledug Raya, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan digeruduk oleh para pelamar pada Selasa (1/10) sekitar pukul 10.00 WIB.

Peristiwa itu terekam dalam sebuah video dan beredar di media sosial. Dalam video nan beredar, tampak para pelamar kerja ramai-ramai mendatangi instansi tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kanit Reskrim Polsek Kebayoran Lama, AKP Ivo Amelia mengatakan pihaknya langsung mendatangi letak setelah menerima laporan.

Dari hasil pendalaman, kata Ivor, para pelamar kerja itu mendatangi instansi tersebut dengan tujuan untuk meminta duit mereka dikembalikan.

"Didatangi oleh tiga orang pelamar kerja untuk meminta dikembalikan duit manajemen nan sudah diserahkan ke PT Semangat Antar Sukses," kata Ivo kepada wartawan, Rabu (2/10).

Sementara itu, dari keterangan pihak instansi menjelaskan para pelamar itu datang ke instansi mereka setelah mendapat panggilan alias memandang iklan lowongan kerja.

Para pelamar itu kemudian diminta untuk memberikan berkas lamaran ke resepsionis. Setelahnya, pelamar bakal diminta untuk menjalani tes psikotes, interview, medical check up dan lainnya. Biaya medical checkup ditanggung oleh para pelamar.

"Jika lulus medical check up kemudian dilakukan training fan penempatan kerja. Jika lulus/diterima setelah training pelamar mendatangani surat perjanjian kerja, jika tidak lulus training maka ada proses pengembalian biaya nan sudah diserahkan ke PT Semangat Antar Sukses sebagai duit administrasi," kata Ivo.

Ivo menyampaikan keributan antara pelamar kerja dengan pihak instansi itu berhujung damai, setelah pihak perusahaan sepakat untuk mengembalikan uang.

"Uang kepada tiga orang pelamar kerja dengan masing masing orang sebesar Rp200.000, Rp300.000 dan Rp450.000," ucap Ivo.

"Setelah biaya manajemen dikembalikan kepada pelamar kerja masing-masing pelamar meninggalkan letak dengan tertib," imbuhnya.

(dis/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional