Rapat DPD Alot, Paripurna Penetapan Pimpinan MPR Batal Malam Ini

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 02 Okt 2024 19:19 WIB

Majelis Permusyawaratan Rakyat batal menggelar Paripurna Rabu (3/10) malam ini untuk menetapkan ketua MPR periode 2024-2029. Ilustrasi. Rapat Paripurna Rabu (3/10) malam ini untuk menetapkan ketua MPR periode 2024-2029 batal. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)

Jakarta, CNN Indonesia --

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) batal menggelar Paripurna Rabu (3/10) malam ini untuk menetapkan ketua MPR periode 2024-2029.

Rapat semula dijadwalkan pukul 22.00 WIB dengan agenda penetapan ketua MPR. Namun, agenda tersebut dibatalkan lantaran rapat pleno DPD dengan agenda pemilihan ketua unsur DPD di MPR tetap berjalan alot.

"Kalau kita belum bisa menyelesaikan sampai pukul 19.00 WIB malam ini maka itu sudah ada saling pengertian dengan pihak MPR," kata Wakil Ketua DPD, Tamsil Linrung.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hingga buletin ini ditulis, rapat Pleno DPD tetap berlangsung. DPD belum menetapkan perwakilan mereka sebagai Wakil Ketua di MPR.

Rencananya, setelah ditunda, Paripurna penetapan ketua MPR bakal digelar Kamis (4/10) pukul 10.00 WIB. Di sisi lain, kata Tamsil, sejumlah fraksi di MPR juga belum mengumumkan perwakilan mereka sebagai ketua MPR.

"Karena juga tetap ada unsur-unsur dari partai nan belum selesai dimasukkan usulan untuk, baik untuk ketua MPR maupun untuk wakil ketua di MPR RI," kata dia.

"Karena itu, memang belum bisa dilaksanakan rapat [Paripurna] pada pukul 19.00 malam ini. Bahkan tadi disampaikan kemungkinan besok," imbuhnya.

Sejumlah nama dari masing-masing fraksi partai menguat bakal menjadi wakil ketua MPR. Untuk posisi Ketua, nama Muzani telah diusulkan oleh Fraksi Gerindra.

Sedangkan, beberapa nama Wakil Ketua ada Bambang Wuryanto dari PDIP, Hidayat Nurwahid dari PKS, Rusdi Kirana dari PKB, hingga Kahar Muzakir dari Golkar.

(thr/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional