INFO BISNIS – AgenBRILink nan merupakan ekspansi jasa PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI sukses mencatatkan transaksi sebesar Rp 1.170 triliun nan berasal dari 859 juta transaksi finansial sepanjang Januari hingga September 2024. Hal tersebut disampaikan Direktur Utama BRI Sunarso pada press conference Kinerja Keuangan BRI Triwulan III 2024 di Jakarta, 30 Oktober 2024.
“Tercatat hingga akhir September 2024 BRI telah mempunyai lebih dari 1,02 juta AgenBRILink nan tersebar di 62.227 desa di seluruh Indonesia,” kata dia.
Melalui pengembangan jasa hybrid bank, BRI telah memperluas jangkauan perbankan ke segmen-segmen masyarakat nan sebelumnya tidak terlayani secara optimal, termasuk masyarakat di wilayah terpencil melalui AgenBRILink. “Hal ini sesuai dengan misi BRI untuk mendukung inklusi finansial nasional serta memperkuat ekonomi kerakyatan melalui konsep sharing economy,” kata dia.
Sebelumnya, pada Kuartal 1 – 2024, AgenBRILink sukses membukukan 285 juta transaksi finansial, meningkat 12,8 persen year-on-year (yoy) dari 252,5 juta transaksi per Kuartal I-2023. Peningkatan tersebut diiringi dengan volume transaksi mencapai Rp 370 triliun pada periode ini.
Sementara per 25 Juli 2024 jumlah transaksi finansial mencapai lebih dari 645 juta kali dengan total pemasok laku pandai BRI alias AgenBRILink mencapai 1 juta agen. Adapun volume transaksi AgenBRILink mencapai lebih dari Rp 800 triliun dan menghasilkan fee based income (FBI) Rp895,4 miliar.
AgenBRILink menyediakan jasa finansial bagi masyarakat Indonesia, dan tersebar hingga di wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal). Hal ini turut membantu peningkatan signifikan baik dari jumlah pemasok maupun volume transaksi.
Keberhasilan AgenBRILink diyakini tak terlepas dari strategi hybrid bank, ialah perpaduan jasa bentuk dan digital untuk melayani segmen pengguna BRI nan beragam. Pada periode hari libur pun, pemasok ini selalu siap melayani kebutuhan finansial.
Hadirnya AgenBRILink telah memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui fitur-fitur-nya, seperti, pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan jasa referral pembukaan rekening Tabungan, pinjaman, serta transaksi lainnya. Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan pembelian asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, pembelian voucher permainan, serta melayani kebutuhan perjalanan dengan jasa pembelian tiket bus, shuttle dan kapal ferry. (*)