AHY Sebut akan Evaluasi Capaian Reforma Agraria

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Sanur - Kementerian Agraria dan Tata Ruang sekaligus Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) membuka gelaran Reforma Agraria Summit 2024 di Bali pada Jumat siang, 14 Juni hari ini. Acara ini bakal digelar di Ballroom The Meru Sanur, Bali. 

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono namalain AHY menyebut penyelenggara Reforma Agraria Summit bakal menjadi momentum baik bagi masa depan masalah pertanahan di Indonesia. Rencananya dalam pertemuan itu Kementerian ATR/BPN bakal mereview, evaluasi, dan melaporkan kepada masyarakat capaian mengenai Reforma Agraria. 

Ketua Umum Partai Demokrat itu menyebut salah satu pembahasan dalam Reforma Agraria Summit 2024  ini mengenai penyelenggaraan penataan akses setelah masyarakat menerima aset. 

"Jadi gimana kita mengevaluasi, tanah masyarakat nan sudah disertifikatkan itu dapat produktif," kata AHY kepada awak media di Bali, pada Kamis kemarin, 13 Juni 2024. 

Reforma Agraria Summit 2024 merupakan aktivitas nan dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Penataan Agraria. Acara ini disebut sebagai tindak lanjut dari aktivitas Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 di Wakatobi dan GTRA Summit 2023 di Karimun. 

Selain itu, AHY juga menyampaikan bahwa dalam aktivitas itu bakal dibahas beragam tantangan Reforma Agraria masa kini. Dia menyebut dalam aktivitas ini juga bakal membahas penyelesaian Reforma Agraria nan melibatkan beragam kementerian alias lembaga terkait. . 

"Termasuk juga halangan dan sumbatan nan terjadi dengan beragam pihak lainnya baik di pusat maupun daerah," kata dia.

 AHY Tinjau LaserJet di Badung

Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono usai meninjau  Layanan Sertifikat Jemput di Tempat (LaserJet) di Badung, Bali, pada Kamis, 13 Juni 2024. Tempo/Adil Al Hasan

Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono namalain AHY meninjau Layanan Sertifikat Jemput di Tempat namalain LaserJet di Kabupaten Badung, Bali, pada Kamis siang hari ini. AHY menyebut jasa dengan konsep mobil keliling ini bakal memudahkan masyarakat untuk mengurus surat tanah. 

Iklan

“Jauh lebih cepat, surat bisa diurus dan langsung mendapat sertifikat elektronik,” kata AHY 

LaSerJet merupakan salah satu penemuan dari Kantor Pertanahan alias Kantan Kabupaten Badung. Layanan ini berkeliling menggunakan mobil untuk mendatangi masyarakat secara langsung nan bakal menggunakan jasa pertanahan, khususnya perubahan kewenangan atas tanah, seperti Hak Guna Usaha menjadi Sertifikat Hak Milik. 

Layanan ini, kata AHY, merupakan penemuan nan mempermudah masyarakat nan mau mengurus sertifikat tanah. Dia menyebut LaserJet juga mencegah adanya calo  dan jenis biaya dalam mengurus warkat tanah. 

“Tanpa perantara, langsung ketemu petugas. Jauh lebih efisien,” kata AHY.  

Ketua Umum Partai Demokrat itu mengaku jasa LaserJet ini memang semangatnya untuk memerangi percaloan nan kerap memungut biaya mahal. “Sederhana, cepat, tidak dipersulit,” kata dia. 

Oleh lantaran itu, AHY berambisi jasa LaserJet di Badung ini bakal memantik seluruh Badan Pertanahan Nasional di wilayah untuk menirunya. Menurut dia, kemudahan akses mengurus surat tanah melalui jasa ini krusial untuk masyarakat ketahui. 

“Yang paling krusial sosialisasinya. Ada mobil, tapi tidak ada nan tahu fungsinya,” kata dia. 

Kedatangan AHY turut didampingi istrinya, Annisa Pohan. Keduanya tampak tiba di Aula Serba Guna Desa Benoa, Kuta Selatan, Badung, Bali, pada Kamis siang. Kehadiran AHY juga disambut tokoh masyarakat dan para pejabat Badan Pertanahan Kabupaten Badung. 

Pilihan Editor: FNKSDA Minta Nahdliyin Tidak Ikut PBNU Terima Izin Tambang

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis