AHY Serahkan Sertifikat Tanah Masjid Sunan Giri di Gresik

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 05 Jul 2024 23:00 WIB

AHY menyebut sertifikat tanah ini membikin status norma Masjid Ainul Yaqin Sunan Giri di Gresik, Jawa Timur menjadi jelas. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan sertifikat Masjid Ainul Yaqin Sunan Giri di Gresik, Jawa Timur. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)

Surabaya, CNN Indonesia --

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan sertifikat Masjid Ainul Yaqin Sunan Giri di Gresik, Jawa Timur.

Sertifikat masjid nan berdiri sejak tahun 1500-an itu diserahkan oleh AHY ke pengurus. AHY menyebut sertifikat tanah ini membikin status norma tempat ibadah itu menjadi jelas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Alhamdulillah untuk masjid nan telah berdiri sejak tahun 1.500-an ini, hari ini ada sertipikatnya, sehingga jelas statusnya, legalitasnya umum resmi dari negara, dari pemerintah," kata AHY dalam sambutannya, Jumat (5/7).

Di depan jemaah, AHY juga menyerahkan tiga sertifikat tanah wakaf lainnya, ialah sertifikat Yayasan Makam Sunan Giri Kebomas Gresik nan diperuntukkan bagi aktivitas sosial keagamaan.

Sementara dua sertifikat lainnya adalah sertifikat Yayasan Pondok Pesantren Darul Insan Gresik nan diperuntukkan bagi sekolah keagamaan dan sertifikat Musala Baitur Rahman.

AHY berambisi terbitnya sertifikat ini bisa makin membawa keberkahan dan kemuliaan untuk masjid nan diagungkan masyarakat Kabupaten Gresik itu.

"Termasuk tentunya semakin tenang, semakin nyaman para jemaah nan datang dari seluruh penjuru Indonesia untuk beragama di masjid ini," ujarnya.

AHY mengatakan urusan tanah berisiko menjadi permasalahan, terutama bika disebabkan oleh ulah mafia tanah alias orang tak bertanggungjawab.

Menurutnya, tanah-tanah wakaf dan rumah ibadah termasuk masjid nan mempunyai nilai sejarah kudu jelas status hukumnya. Ia tak mau sampai ada bentrok di kemudian hari.

"Oleh lantaran itu, atas nama pemerintah, Kementerian ATR/BPN, kami dengan rasa syukur menyerahkan seluruh sertipikat tanah wakaf tadi untuk dipergunakan sebagaimana mestinya," katanya.

(frd/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional