AirAsia X Buka Rute Malaysia ke Afrika, Penerbangan Perdana 15 November 2024

Sedang Trending 5 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Maskapai penerbangan AirAsia X (AAX)  mengumumkan rute baru ke Afrika nan  menghubungkan visitor ke surga safari di Nairobi, ibu kota Kenya.  Penerbangan perdana rute ini  akan dimulai  di pada 15 November 2024 mendatang.  

CEO of Capital A Tony Fernandes, mengatakan penerbangan ini juga menandakan pencapaian berhistoris bagi AAX sebagai satu-satunya maskapai penerbangan berbiaya irit di Malaysia nan menawarkan konektivitas udara langsung ke kota nan penuh warna itu. " “Kami sangat ceria mengumumkan rute baru nan langsung menghubungkan Malaysia dan Kenya," ujar Tony dalam keterangan tertulis, Selasa 2 Juli 2024. 

Pencapaian ini, kata Tony, terjadi setelah kemenangan Air Asia nan ke-15 secara berturut-turut sebagai maskapai penerbangan berbiaya irit terbaik bumi dari Skytrax. "Ini merupakan perwujudan misi kami untuk menghubungkan bumi dengan biaya nan terjangkau," kata Tony.  

Tony mengatakan, jalur baru ini tidak hanya membuka jalan dari Asia hingga Afrika, tetapi juga berpotensi mempererat hubungan di bagian pariwisata, bisnis, dan perdagangan di kedua benua. "Hal ini juga menandakan dimulainya perjalanan baru ke Afrika, dan meskipun kami mempunyai pedoman kuat di Asia dan ASEAN, angan kami adalah menjadikan Kuala Lumpur sebagai pusat maskapai penerbangan berbiaya irit global," kata Tony.   

Langkah ini, ujar Tony, beriringan dengan pencapaian pada awal tahun nan baik bagi maskapai, dimulai dengan menunjukkan pertumbuhan nan kuat dalam pencatatan hasil finansial melalui tingkat keterisian penumpang nan tinggi, serta kembali memimpin dalam jaringan penerbangannya. 

Pada bulan Maret 2024 lalu, AAX juga memperkenalkan penerbangan baru ke Almaty, Kazakhstan, nan merupakan penerbangan perdananya ke Asia Tengah. 

Menurut Tony, rute ke Nairobi ini menjadi jalur krusial dalam menghubungkan Asia dan Afrika, memperkuat hubungan perdagangan, pariwisata, dan upaya di kedua kawasan.  

Iklan

"Dengan menyediakan penerbangan langsung antara Kuala Lumpur dan Nairobi, AirAsia X bermaksud untuk meningkatkan aksesibilitas serta mempercepat pertumbuhan ekonomi di kedua negara tersebut," kata Tony. 

AAX juga bakal menawarkan hubungan Fly-Thru nan mudah bagi penumpang, sehingga menciptakan hubungan krusial antara Kenya dan 130 destinasi di Asia Tenggara, Asia Tengah, dan Asia Utara, serta Australia.  

CEO of AirAsia X, Benyamin Ismail, menambahkan memulai petualangan baru di Afrika sungguh menggembirakan, mengingat pertumbuhan signifikan maskapai awal tahun ini. "Kami mengantisipasi kehadiran lebih dari 156.000 visitor setiap tahunnya melalui rute ini, nan bakal memperkuat hubungan dan meningkatkan sektor pariwisata di Malaysia dan Kenya," kata Ismail. 

Selain itu, kata dia, rute ini menghadirkan kesempatan konektivitas nan sangat baik ke pasar utama lainnya nan dilayani AirAsia X, termasuk Australia, Cina, Korea Selatan, Jepang, dan Thailand.

Pilihan Editor: Tony Fernandes Ditunjuk Sebagai Penasihat Strategis Grup Penerbangan AirAsia

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis