Airin Puncaki Survei Pilgub Banten Litbang Kompas, Andra Soni Tak Ada

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 17 Jul 2024 14:01 WIB

Eks Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany meraih elektabilitas tertinggi pada hasil survei Pilgub Banten 2024 jenis Litbang Kompas Airin puncaki survei Litbang Kompas jelang Pilgub Banten 2024. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Jakarta, CNN Indonesia --

Eks Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany meraih elektabilitas tertinggi pada hasil survei Pilgub Banten 2024 versi Litbang Kompas.

Ia memperoleh elektabilitas sebesar 38,3 persen. Terpaut cukup jauh dengan Wahidin Halim di urutan kedua dengan elektabilitas 18,1 persen.

Lalu, Rano Karno duduk di posisi ketiga dengan bermodalkan 16,5 persen. Disusul Arif Wismansyah di urutan keempat dengan 6,9 persen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Wahidin adalah Gubernur Banten 2017-2022. Sementara Rano Karno menjabat orang nomor 1 di Banten periode 2015-2017 menggantikan Ratu Atut nan terjerat korupsi. Rano sebelumnya menjabat Plt karena jadi wakil gubernur.

Arif Wismanyah merupakan Wali Kota Tangerang dua periode 2013-2023.

Sementara itu, empat sosok lainnya meraup elektabilitas di bawah empat persen. Ada Irma Narulita dan Iti Octavia Jayabaya nan masing-masing memperoleh 3,7 persen.

Kemudian, di bawah mereka adalah Achmad Dimyati Natakusumah dan Ahmed Zaki Iskandar nan sama-sama meraup elektabilitas sebesar 2,7 persen. Sementara, 7,4 persen responden memilih 'lainnya'.

Survei ini dilakukan pada 15-20 Juni 2024 nan melibatkan 400 responden melalui wawancara tatap muka dengan margin of error ±4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun berasas konstelasi politik terkini, Pilkada Banten diprediksi bakal mempertandingkan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Gerindra dan Golkar diprediksi kuat bakal berlawanan.

Gerindra berbareng PKS nan mengusung Andra Soni-Dimyati, telah didukung PKB, NasDem, PAN, PPP, dan PSI. Total tujuh partai itu mengantongi 61 bangku dari 100 bangku DPRD.

Namun demikian, nama Andra Soni tidak dimunculkan di survei litbang Kompas.

Sementara Golkar sejauh ini mendorong Airin maju. PDIP sebelumnya juga menyiapkan Ketua DPD PDIP Banten, Ade Sumardi untuk jadi cawagub Airin.

(mnf/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional