Hashim: Program Makan Gratis Prabowo Dua Kali Sehari, Pagi dan Siang

Sedang Trending 3 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Program Makan Bergizi Gratis pada Pemerintahan Prabowo Subianto rencananya bakal diberikan dua kali dalam sehari, ialah pagi dan siang hari.

Hal ini diungkapkan oleh adik Prabowo sekaligus CEO Arsari Group Hashim S Djojohadikusumo.

"Di sini saya mau luruskan ada sebagian masyarakat merasa ini makan siang gratis. Ini bukan makan siang gratis, ini makan cuma-cuma dua kali sehari, pagi dan siang," kata Hashim dalam aktivitas Diskusi Ekonomi berbareng Pengusaha Internasional Senior, di Menara Kadin, Jakarta, Senin (7/10).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hashim menjelaskan, argumen digelontorkannya makanan bergizi cuma-cuma sebanyak dua kali adalah lantaran satu kali pemberian makan cuma-cuma dirasa tidak cukup.

Berdasarkan info Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), 41 persen siswa di Indonesia lapar saat belajar di sekolah.

"Mereka lapar kenapa? Karena orang tuanya tidak bisa untuk menyediakan sarapan pagi. Mereka masuk sekolah, lapar, perut kosong. Kita sekarang bisa mengerti, kenapa ranking-ranking kita bakal perihal pendidikan sangat buruk," ujarnya.

Ia pun menyoroti negara-negara dengan pendidikan terbaik di dunia. Salah satunya ada tetangga Indonesia ialah Singapura. Selain itu juga ada Korea Selatan, Finlandia dan Selandia Baru. Sedangkan Indonesia justru berada pada ranking nan sangat buruk.

"Indonesia konsisten termasuk paling jelek di dunia. Kita 63 dari 70 selalu tidak bergeser," kata dia.

Pemerintah sendiri berencana mengalokasikan Rp 71 triliun untuk program makan bergizi cuma-cuma 2025. Anggaran itu masuk dalam anggaran pendidikan dalam APBN 2025 nan dianggarkan Rp 722,6 triliun.

Hashim mengatakan, rencana awalnya program ini hanya bakal diberikan kepada anak sekolah. Namun seiring dengan persiapannya, program MBG diperluas dengan menyasar anak di rumah dan ibu rumah tangga. Hal ini diharapkan juga dapat membantu mengatasi masalah kekurangan gizi anak Indonesia.

Ada 82 Juta Butir Telur per Hari

Selain itu, dia juga menyakini bahwa program ini bakal mendatangkan akibat luar biasa terhadap pengusaha di Indonesia. Uang nan beredar di pemerintah diharapkan dapat mendorong geliat upaya UMKM. Hal ini lantaran MBG direncanakan bakal memanfaatkan telur sebagai salah satu menunya.

"Direncanakan setiap hari, kita bakal sediakan 82 juta butir telur tiap hari. Nah, saya kira pasti ada personil Kadin lewat asosiasi-asosiasi personil pedagang ayam alias telur," ujarnya.

Program makan bergizi cuma-cuma ini menyasar setidaknya 82 juta orang penerima untuk dapat makan cuma-cuma dua kali sehari. Untuk memenuhi kebutuhan itu, Hashim menyebut, dibutuhkan anggaran 450 triliun dalam beberapa tahun ke depan.

Dana itu pun bakal berputar kembali di pasar domestik RI sehingga bisa memberi sumbangsih besar bagi perekonomian. "Ini menyangkut kelak perlu biaya Rp 450 triliun. Rp 450 triliun itu disuntik ke ekonomi Indonesia," kata Hashim.

Baca selengkapnya di sini.

(tim/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional