Airlangga Mundur dari Ketum, Elite Bantah Isu Partai Golkar Retak

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 11 Agu 2024 15:05 WIB

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia membantah partainya retak di tengah Airlangga Hartarto mundur sebagai Ketum Partai Golkar. Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia membantah partainya retak di tengah Airlangga Hartarto mundur sebagai Ketum Partai Golkar. (Arsip Partai Golkar)

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia membantah partainya retak di tengah Airlangga Hartarto mundur sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar.

"Enggak (retak). Saya kira kita, apa namanya ya, selama ini solid. Selama ini semua roda organisasi melangkah dengan baik," kata Doli di rumah dinas Airlangga di area Widya Chandra, Jakarta, Minggu (11/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Doli juga membantah berita nan menyebut bahwa keputusan Airlangga mundur sebagai Ketum Golkar lantaran dorongan pihak eksternal. Sebelumnya sumber dalam dari partai itu menyebut permintaan mundur terhadap Airlangga muncul dari pihak eksternal sejak Jumat malam.

CNN Indonesia juga sudah memandang surat pengunduran diri nan ditandatangani Airlangga dengan materai. Tembusan di antaranya ke majelis pengurus dan majelis pertimbangan, majelis pembina Partai Golkar.

"Enggak ada (desakan eksternal)," kata Doli.

Doli mengungkapkan argumen Airlangga mundur sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar lantaran mau konsentrasi pada tugas dan tanggungjawabnya sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

"Maka dia mengundurkan diri. Supaya jalannya organisasi ini tidak terganggu," tutur Doli.

[Gambas:Video CNN]

Airlangga Hartarto secara resmi menyatakan mundur sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar sejak Sabtu (10/8) malam. Hal ini dia sampaikan dalam sebuah video pernyataan kepada seluruh kader Partai Golkar nan diterima CNNIndonesia.com, Minggu (11/8).

"Maka dengan ucap Bismillahirrahmanirrahim, atas petunjuk Tuhan nan Maha Besar, maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketum DPP Golkar. Pengunduran diri ini terhitung sejak semalam, Sabtu 2024," kata Airlangga dalam video tersebut.

Airlangga Hartarto menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar sejak 2017 lalu. Munas Golkar nan digelar di Jakarta pada 2019 lampau mengukuhkan kembali Airlangga sebagai Ketum Golkar selama 2 periode.

Masa kedudukan Airlangga sebagai Ketum Golkar semestinya bakal berhujung pada Desember 2024 bertepatan dengan digelarnya Munas. Munas dijadwalkan bakal digelar pada Desember 2024.

(lin/end)

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional