Aksi Dukung Palestina, Muncul Desakan Pemerintah RI Usir Dubes AS

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 03 Agu 2024 09:45 WIB

Massa tindakan bela Palestina dan bersolidaritas atas Pimpina Hamas Ismail Haniyeh minta pemerintah usir perwakilan AS dari Indonesia. Massa tindakan bela Palestina dan bersolidaritas atas Pimpina Hamas Ismail Haniyeh minta pemerintah usir perwakilan AS dari Indonesia. (CNN Indonesia/Muhammad Arief Bimaputra)

Jakarta, CNN Indonesia --

Massa tindakan pendukung Palestina, sekaligus bersolidaritas atas tewasnya Pimpinan Politik Hamas Ismail Haniyeh, meminta pemerintah mengusir Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) dari Indonesia.

Pantauan CNNIndonesia.com, dorongan itu bermulai dari orasi Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Sudarnoto di depan Kedutaan Besar AS, Jakarta, Sabtu (3/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sudarnoto melontarkan pertanyaan apakah para massa setuju perwakilan nan di Indonesia diusir lantaran AS sering membantu Israel melakukan pembantaian terhadap Palestina.

"Saya mau bertanya kepada saudara-saudara sekalian, setuju kah saudara-saudara sekalian untuk mengusir kedutaan Amerika dari Jakarta?" tanya Sudarnoto dalam orasinya.

Pertanyaan itu dijawab dengan pekikan nan menggema dari massa tindakan nan meminta kedubes AS diusir.

[Gambas:Video CNN]


"Usir, usir, usir!" pekik massa aksi.

Desakan itu pun direspons Sudarnoto dengan mengultimatum Presiden AS Joe Biden dan jejeran agar tidak lagi memberikan support kepada Israel.

Ia menakut-nakuti bakal melakukan tindakan nan lebih besar jika ultimatum tersebut tak dihiraukan oleh para pejabat tinggi Negeri Paman Sam tersebut.

"Wahai Amerika, wahai presiden Amerika Joe Biden maupun pembantunya dan penggantinya kelak jangan sekali-sekali memberikan support kepada israel, hentikan support Anda untuk Israel membantai saudara-saudara kami di Palestina," tutur dia.

"Kalau Anda tetap membantu Israel maka kami bakal melakukan aktivitas nan lebih masif," sambungnya.

Adapun akibat tindakan ini Jalan Medan Merdeka Selatan nan mengarah ke Balaikota Jakarta ditutup. Jalan Medan Merdeka Selatan nan mengarah ke Stasiun Gambir juga ditutup.

Sejumlah abdi negara kepolisian juga tampak datang berjaga di letak dan mengatur arus lampau lintas.

(mab/chri)

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional