Temui Warga Lamongan, Risma Ungkap Solusi Akses Air Bersih di Jatim

Sedang Trending 1 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

TIM | CNN Indonesia

Senin, 07 Okt 2024 20:22 WIB

Tri Rismaharini menawarkan solusi konkret kepada penduduk Lamongan, Jatim mengenai persoalan air bersih. Tri Rismaharini menawarkan solusi konkret kepada penduduk mengenai persoalan air bersih. (Foto: CNN Indonesia/Farid)

Jakarta, CNN Indonesia --

Calon Gubernur (Cagub) noner 3 Jawa Timur Tri Rismaharini diundang datang di pengajian akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Dusun Kepuh, Desa Margoanyar, Kecamatan Glagah, Lamongan, Sabtu malam (6/10).

Kehadirannya disambut hangat oleh penduduk setempat nan antusias mengikuti aktivitas tersebut. Risma dalam kesempatan itu juga mendengarkan keluhan penduduk mengenai masalah kesiapan air bersih.

Warga Desa Margoanyar dan sekitarnya, mengeluhkan kesulitan mengakses air bersih, terutama selama musim kemarau.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menanggapi keluhan tersebut, Risma langsung menawarkan solusi konkret berupa teknologi Penyulingan (Reverse Osmosis (RO) menjadi air nan layak minum.

Menurutnya, teknologi ini bisa menjadi solusi jangka panjang untuk mengatasi masalah kekurangan air bersih di daerah-daerah nan dekat dengan pesisir.

"Saya sudah buktikan selama menjadi Mensos , dengan menggunakan Penyulingan (RO) nan dikombinasikan dengan filter untuk mengatasi persoalan logam berat (mulai dari besi sampai mangan). Di Jakarta sudah ada lima titik. Di Aceh, NTT, sampai dengan Papua juga sudah ada puluhan instalasi pengolahan air bersih dan air minum," tegas Risma.

"Insya Allah jika Tuhan memberi amanah kepada saya bakal membikin instalasi pengolahan air bersih dan air minum sehingga bisa dimanfaatkan penduduk Lamongan," kata dia.

Risma juga menjelaskan bahwa teknologi Penyulingan (RO) ini tidak hanya bisa menghasilkan air bersih dan air minum nan layak, tetapi juga membantu mengurangi ketergantungan pada sumber air tanah nan semakin menipis.

Proses Penyulingan (RO) ini menggunakan teknologi desalinisasi, nan bermaksud mengubah air laut/payau menjadi air nan layak dikonsumsi. Teknologi ini telah diterapkan di beberapa wilayah di Indonesia, terutama nan mengalami kesulitan mendapatkan air tawar, seperti di wilayah pesisir.

(asa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional