Aksi Heroik Satpol PP Lamongan Panjat Tiang Bendera, Dihadiahi Motor

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ghofur, personil Satpol PP Lamongan, Jawa Timur, memanjat tiang bendera saat upacara peringatan HUT ke-79 RI di Kecamatan Panciran, Sabtu (17/8). Aksi heroik itu dia lakukan setelah memandang tali pada tiang bendera putus ketika prosesi pengibaran sedang berlangsung.

Dikutip dari detikJatim, Senin (19/8), Ghofur menceritakan saat itu pengibaran bendera sudah nyaris selesai. Namun, tiba-tiba bendera turun lantaran tali pada tiang putus.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tali nan digunakan untuk mengerek bendera putus, sehingga bendera turun," kata Ghofur di saat aktivitas Resepsi Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024 Lamongan di Pendopo Lokatantra Lamongan, Sabtu malam.

Ghofur pun mendapatkan undangan dari Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berkah tindakan spontan dan heroiknya itu. Ia mengaku, saat kejadian tersebut tengah berada di belakang tamu undangan VIP. Melihat bendera turun, Ghofur langsung mengambil langkah.

"Saat itu saya berada di belakang undangan VIP, saya langsung ambil langkah," ujarnya.

Ia mengaku telah meminta izin untuk naik tiang bendera kepada Kapolsek dan Danramil Paciran. Kemudian, Ghofur melepas ikat pinggang, sepatu, dan kaus kakinya untuk naik sebelum memanjat tiang bendera.

"Saat itu saya berada di belakang undangan VIP, saya langsung ambil langkah, dan meminta izin Pak Kapolsek dan Pak Danramil untuk naik, dan saya turunkan talinya untuk digunakan kembali," ujar Ghofur.

"Saya hanya berpikir bahwa bendera merah putih kudu tetap berkibar. Ini adalah simbol kemerdekaan kita, dan saya tidak bisa membiarkan bendera jatuh begitu saja," katanya.

Saat memanjat tiang bendera, Ghofur diberikan semangat oleh peserta upacara. Para peserta upacara nan sempat tegang akhirnya bisa bernapas lega.

Tepuk tangan meriah mengiringi keberhasilan Ghofur membetulkan tali pengerek bendera, dan suasana upacara kembali hangat dengan semangat kebersamaan.

Melihat tindakan heroik nan dilakukan Ghofur, Bupati Yuhronur memberikan apresiasi. "Saya kenal betul Saudara Ghofur ini orangnya ringan tangan, cekatan, sigap dan tanggap," ujar Pak Yes.

Pada malam resepsi HUT ke-79 RI itu Ghofur dihadiahi satu unit sepeda motor oleh Forkopimda Lamongan.

Baca selengkapnya di sini.

(tim/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional