Aksi Mahasiswa Tolak Pelanggar HAM Sempat Ricuh di DPR

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 17 Mei 2024 19:06 WIB

Massa tindakan menuntut penuntasan atas 12 peristiwa pelanggaran HAM berat masa lalu. Ilustrasi massa aksi. (CNNIndonesia/Astari Kusumawardhani)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah mahasiswa Universitas Trisakti menggelar tindakan demonstrasi di sekitar kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Jumat (17/5).

Berdasarkan video nan diterima CNNIndonesia.com, tindakan unjuk rasa sempat diwarnai ricuh antara demonstran dengan pasukan pengamanan dalam (Pamdal) kompleks parlemen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aksi ini berjalan di depan Gerbang Pancasila alias pintu masuk belakang kompleks parlemen. Massa tindakan pun mencoba memaksa masuk ke dalam kompleks parlemen sehingga terlibat saling sorong dengan petugas pamdal.

Mereka juga terlihat melemparkan traffic cone ke arah Pamdal nan berjaga di gerbang.

Adapun tindakan ini menuntut penuntasan atas 12 peristiwa pelanggaran HAM berat masa lalu.

Massa tindakan meminta penuntasan kasus tewasnya empat mahasiswa Universitas Trisakti pada tindakan demonstrasi 12 Mei 1998 silam namalain tragedi Trisakti.

"Bersihkan pelanggar HAM dari pemerintahan," tulis spanduk nan dibawa.

Dilaporkan detik.com, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan situasi saat ini sudah kondusif. 

"[Massa aksi] memaksa masuk lewat pintu belakang. petugas sudah memberikan ruang menyampaikan aspirasi di depan DPR," kata Susatyo.

Susatyo menyebut kericuhan bisa dilerai oleh petugas nan siaga. Saat ini situasi sudah kembali kondusif.

(mnf/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional