Aktivis: Erina Enak Naik Jet Pribadi, Ibu Hamil Lain Berdesakan di KRL

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Aktivis HAM Fatia Maulidiyanti membandingkan istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono yang naik pesawat pribadi untuk berjalan dengan ibu-ibu mengandung nan kudu berdempet-dempetan naik KRL.

Ia menyinggung perihal itu saat membandingkan sulitnya perekonomian masyarakat dibanding dengan pejabat pemerintahan nan berasas riset kebanyakan mempunyai bisnis.

"Sekarang pajak kita untuk naik transportasi umum saja sudah semakin ditinggikan. Kalau Erina lezat ya mengandung trimester ketiga, dia bisa naik jet pribadi ke Amerika. Naik pesawat ke Amerika," kata Fatia dalam sebuah obrolan di Jakarta Selatan, Kamis (12/9) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Bayangin ibu-ibu di KRL, nan mengandung besar, desak-desakan, udah pakai pin ibu mengandung saja juga tetap kudu pingsan di stasiun, di Manggarai, desak-desakan. Udah enggak peduli orang," imbuhnya.

Menurutnya, masyarakat nan bukan dari family ber-previlige seperti family Presiden Jokowi akan tetap hidup dengan situasi seperti itu.

"Kalau kita memang bukan dari family nan berprevilige seperti keluarganya Jokowi, ya kita tetap kudu hidup seperti itu, dan rupanya semakin tahun, dan mungkin juga beberapa tahun ke depan," ujarnya.

Fatia juga merespons pernyataan Menkominfo Budi Arie Setiadi nan memihak Erina. Menurutnya, Budi kudu turun ke lapangan untuk memandang kondisi masyarakat nan tidak bisa mendapat transportasi nyaman.

"Dia bilang ya kasihanlah dia trimester ketiga, ya nggak apa-apa lah naik jet pribadi. Lu main ke Manggarai hari ini sama gua nih, di rush hour lu liat orang-orang nan mengandung gede nggak bisa mendapatkan transportasi nan nyaman," kata Fatia.

Sebelumnya, Putra Jokowi, Kaesang Pangarep diperbincangkan publik usai diduga menerima gratifikasi lewat akomodasi jet pribadi.

Kehebohan bermulai ketika Istri Kaesang, Erina Gudono mengunggah foto jendela pesawat berbentuk oval di akun Instagramnya @erinagudono.

Warganet lantas menduga gambar itu adalah jendela private jet nan berbeda dengan pesawat komersial.

Isu kemudian berkembang hingga ke dugaan gratifikasi. KPK pun berencana meminta penjelasan kepada Kaesang mengenai perihal itu.

Kaesang belum buka bunyi soal jet pribadi tersebut. Namun, beberapa waktu lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika sekaligus Ketum Projo Budi Arie Setiadi memihak Kaesang dan istrinya.

Budi menilai wajar andaikan Kaesang Pangarep menaiki jet pribadi untuk pergi ke AS.

Budi berdasar Erina Gudono tengah mengandung dengan usia kehamilan 8 bulan sehingga tidak diperbolehkan menaiki pesawat umum.

"Istrinya Mas Kaesang itu kan mengandung sudah 8 bulan. Kan enggak boleh naik pikulan umum, pesawat umum mana boleh," kata Budi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (10/9).

Budi pun menyebut jet pribadi nan digunakan Kaesang itu adalah pinjaman dari seorang teman. Ia juga menyebut Kaesang tak bisa disebut menerima gratifikasi

(yoa/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional